Praktik Sains di Museum IPTEK TMII, Anak Asuh Bimbel Rumah Yatim Antusias


Begitu antusias saat anak asuh bimbingan belajar (Bimbel) gratis Rumah Yatim Pondok Kelapa tiba di Museum Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di TMII, Jakarta Timur. Satu persatu perlengkapan sains dan keilmuan lainnya dicoba dipraktikan.

Suasana itulah yang bisa menggambarkan kegiatan anak asuh Bimbel Pondok Kelapa di akhir pekan lalu. Sejumlah peragaan ilmiah (sains) dan permainan mengasah otak dicoba anak asuh. Hal itu, dikarenakan seluruh anak belum pernah melakukan kunjungan dan praktik secara langsung tentang keilmuan yang didapatkannya.

Pembimbing sekaligus pengajar Bimbel Rumah Yatim, Anggi Putri mengungkapkan, anak asuh Rumah Yatim begitu antusias. Apalagi perencanaan kunjungan ini telah dilakukan dua bulan sebelumnya. Bahkan, anak-anak rela menyisihkan uang jajannya untuk ditabung agar pelaksanaan kunjungan terealisasi.

“Sangat antusias dan senang, kelihatan puas dan waktu yang ada kemarin terlihat mereka tidak cukup,” tutur Anggi, saat diwawancarai Selasa (27/8).

Ia mengatakan, anak asuh Rumah Yatim pada satu momen berani tampil dan mengajukan diri saat melakukan uji coba roket air. Padahal, di sana terdapat pula anak-anak lain dari sekolah dan lembaga berbeda. Namun hal itu, kata dia, tidak menyurutkan semangat dan rasa penasaran anak asuh Rumah Yatim.

“Anak -anak mayoritas mengajukan diri diantara pengunjung lainnya, tampil di depan lainnya,” jelas Anggi.

Sejumlah peragaan ilmiah dan praktik keilmuan dilakukan anak asuh Rumah Yatim. Mulai dari hal yang sederhana hingga rumit seperti permainan mengasah otak matematika dilakukan. Hal itu pula, tambah Anggi, membuat dirinya merasa bangga karena anak asuh Rumah Yatim bisa tampil lebih semangat dari yang lainnya.

“Mereka juga mencoba simulasi gempa, peragaan ilmiah di kimia, peragaan permainan matematika, intinya mereka sangat antusias saat mencobanya,” pungkasnya.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend