Psikolog Ajak Orangtua Siswa SD El Fitra Terus Beri Motivasi Anak Hadapi Ujian

Menghadapi USBN pada April 2019 mendatang, kegiatan parenting bagi wali siswa diselenggarakan oleh SD El Fitra, Sabtu (16/3) lalu. Psikolog Pendidikan Anak, Indri Herlina Herdiyanti mengingatkan dan mengajak orangtua siswa kelas 6 SD El Fitra untuk terus memberikan motivasi terhadap anak-anaknya di rumah dalam menghadapi USBN 2019.

Hal itu perlu dilakukan, mengingat peran orangtua di rumah sangat penting untuk menekan rasa cemas dan khawatir. Menurutnya, biasanya menghadapi ujian ini anak-anak merasa gelisah, takut tidak bisa mendapat hasil yang baik atau takut gagal. Oleh karena itu,pentingnya peran orangtua ini adalah memberikan apresiasi terhadap segala bentuk kekurangan dan kelebihan anak, agar mereka merasa dihargai dan termotivasi.

“Ketika anak-anak mau menghadapi ujian menjadi hal yang menakutkan. Sebenarnya jadikan ujian ini seperti anak sedang ujian harian biasa di sekolah, hadapi dengan tenang dan terus dukung bahwa ujian tidak menakutkan,” jelasnya.

Rasa cemas dan khawatir itu menurutnya adalah hal yang wajar, karena sugesti anak terhadap ujian ini adalah hal yang menegangkan, ditambah belum terbiasanya dengan ujian. Oleh karena itu, orangtua perlu menyemangati anak-anak dalam menghadapi ujian ini dengan perasaan tenang, gembira dan ceria. Agar mereka bisa memahami bahwa ujian adalah sesuatu yang menyenangkan.

Selain itu, sambung dia, ketika anak menyampaikan keluh kesahnya jadilah pendengar yang baik, tampung segala curhatannya. Di sinilah peran orangtua untuk meredamkan ketegangan anak-anak serta memberikan ketenangan. Agar nantinya ketika ujian anak bisa menjalaninya dengan rasa gembira dan santai.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend