Puluhan Siswa di SDN 03 Ciparahu Dapat Bantuan Perlengkapan Sekolah

Kamis (10/9) lalu, sebanyak 99 Siswa pra sejahtera SDN 03 Ciparahu Kec. Cihara Kab. Lebak, Banten, terima bantuan perlengkapan sekolah dari Rumah Yatim Regional Jabodetabek. Puluhan siswa begitu antusias lantaran perlengkapan sekolah yang mereka  miliki telah usang.

Relawan Rumah Yatim, Ali Ridwan menjelaskan, berdasarkan informasi dari Kepala Desa setempat, bahwa di sekolah tersebut hampir 80 persen siswa berasal dari kalangan menengah kebawah. Sedangkan rata-rata pekerjaan orangtua nya adalah nelayan ban.

“Kata kepala desa nya, di SDN ciparahu ini rata-rata dari kalangan garis menengah kebawah,” Tuturnya

Nelayan ban merupakan istilah untuk nelayan setempat yang menggunakan ban mobil untuk menangkap ikan, dikarenakan tidak memiliki perahu untuk berlayar. Menurutnya, Pekerjaan sebagai nelayan ban cukup beresiko tinggi karena tingkat jaminan keselamatan yang sangat seadanya.

Selain itu, pekerjaan ini juga tidak memiliki penghasilan yang menentu per harinya. Ali  menambahkan, untuk kegiatan belajar selama pandemi, Anak-anak tetap belajar tatap muka namun  berganti secara bergiliran. Dikarenakan keluarga nya tidak memiliki gawai.

“Disini memang tidak menggunakan sistem daring, karena mereka pada gak punya HP dan susah sinyal akibat daerahnya yang juga termasuk pelosok. Jadi pakai sistem bergilir, misalkan hari ini kelas 1-3, besoknya 4-6, dan waktu belajarnya pun dipersingkat jadi 50 persen,” Terangnya

Kata dia, harapan nya dengan adanya bantuan dari Rumah Yatim Regional Jabodetabek ini bisa meringankan beban orang tua serta memberi motivasi untuk semangat dan lebih giat lagi dalammenuntut ilmu di sekolah.

Penulis : Alif

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Send this to a friend