Puluhan Warga Terdampak Longsor di Tasik Dapat Bantuan Rumah Yatim

Puluhan Warga Terdampak Longsor di Tasik Dapat Bantuan Rumah Yatim

Bencana longsor yang terjadi pada Jumat (19/6) malam itu telah menyebabkan rumah puluhan keluarga tidak bisa lagi ditempati. Sehingga warga terpaksa harus meninggalkan rumah dan mengungsi di tenda darurat yang telah disediakan. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Menurut keterangan salah seorang warga yang menceritakan kepada tim Rumah Yatim area Jabar, pada hari itu warga sudah merasakan adanya pergerakan tanah. Kemudian warga sepakat untuk meninggalkan rumah karena dikhawatirkan terjadi longsor. Terlebih, saat itu intensitas hujan yang mengguyur kawasan tersebut cukup tinggi.

“Cuaca saat itu kondisinya hujan lebat, jadi air meresap ke tanah, lalu terjadilah longsor. Awalnya tanah bagian bawah dulu, namun mengakibatkan tanah bagian atas ikut longsor dan mengakibatkan bangunan di atas ikut terbawa,” tutur Relawan Rumah Yatim area Jawa Barat, Permana.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Rumah Yatim, sebanyak 4 rumah mengalami rusak berat, 9 rumah dalam kondisi rusak ringan, dan sebanyak 17 rumah terancam terdampak longsor susulan.

“Jadi total sebanyak 30 Kepala Keluarga (KK) dengan 94 Jiwa yang terdampak longsor,” imbuhnya.

Atas Kondisi tersebut, Rumah Yatim area jabar mendistribusikan sejumlah bantuan logistik dan sembako kepada Puluhan warga yang terdampak bencana longsor di Kampung Mekar Sari RT/RW 08/02, Desa Cikubang, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (24/6). Bantuan tersebut diserahkan untuk membantu kebutuhan pokok warga setempat yang terdampak bencana.

 

 

 

 

Penulis : Tanti Sugiharti

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend