Ramdhan Ingin Anak Asuhnya Jadi Penghafal Hadits

Siapa yang tak kenal dengan Abu Hurairah, seorang pemuda yang dido’akan Rasulullah untuk memiliki hafalan yang kuat, yang akhirnya menjadi periwayat hadits terbanyak sepanjang sejarah. Abu Hurairah sudah memiliki hafalan 5374 hadits.

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya menjadi sepertinya, orang yang zuhud dan ahli ibadah. Hal itu pun menjadi keinginan terbesar yang dimiliki Ramdhan Burhanuddin selaku Kepala Asrama Rumah Yatim Cabang Pekanbaru, Riau. Karena itu pun Ramdhan membuat program unggulan yakni hafalan hadits untuk anak asuhnya.

“Alhamdulillah, di Rumah Yatim ini kita sudah banyak mencetak generasi penghafal Alquran, namun tak lengkap rasanya jika kita pun tidak mencetak generasi penghafal hadits,” paparnya, Kamis (18/10).

Mengingat betapa pentingnya hadits, Ramdhan pun berusaha untuk mewujudkan cita-citanya tersebut dengan mengajak anak-anaknya untuk menghafal hadits dengan metode talkin. Metode ini yang dilakukan Rasulullah kepada para sahabatnya termasuk Abu Hurairah. Tak hanya menghafal saja, ia pun mewajibkan anak-anak supaya tahu perawinya dan terjemahnya.

Sebagai langka awal, Ramdhan memilih hadits Arbain sebagai bahan hafalan dan sejak latihan dimulai. Tak hanya perkembangan hafalan yang semakin meningkat, ternyata secara sikap pun mereka turut berubah.

Dalam satu pekan, Ramdhan mewajibkan anak asuh menghafal sebanyak satu hadits saja. Sedangkan untuk murojaah hafalan dilakukan setiap hari. Ramdhan melakukan hal tersebut agar anak asuhnya dapat menghafal dengan fasih dan tidak mudah lupa dengan hafalannya.

 

Jurnalis: Sinta Guslia

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend