Ratusan Bantuan Disalurkan Rumah Yatim ke Lima Titik Pengungsian

Ratusan paket bantuan peduli bencana telah didistribusikan Rumah Yatim kepada ratusan korban gempa dan tsunami di lima titik posko pengungsian, Kota Palu, Kamis (12/10). Banyaknya bantuan logistik yang tertunda dan tersendat dari lembaga lain maupun pemerintah, membuat Rumah Yatim berinisiatif mendistribusikan bantuan secara langsung ke tangan ratusan korban bencana tanpa perantara.

Berlokasi di lima titik pengungsian di antaranya Kampung Nelayan, Marawola, dan Silae yang terdiri dari tiga posko yang didatangi tim relawan. Solehudin salah seorang tim relawan Rumah Yatim menyebutkan, sekitar 150 kepala keluarga menerima bantuan peduli bencana. Bantuan tersebut berupa paket sembako, paket MCK, perlengkapan bayi, dan pakaian wanita.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bantuan tersebut diberikan sebagai rasa kepedulian Rumah Yatim dan para donatur yang menitipkan donasinya untuk disampaikan secara langsung. Tujuannya agar merasakan pahit getirnya terhadap duka dan pilu yang dirasakan korban di pengungsian. Serta memastikan bahwa bantuan tersebut sampai ke tangan yang tepat.

“Dari masyarakat pun Alhamdulillah responnya positif, katanya tidak ada bantuan seperti Rumah Yatim. Biasanya mereka menerima bantuan kebanyakan secara tidak langsung, dan baru pertama kali langsung seperti ini,” terangnya, saat dihubungi, Jumat (12/10).

Sedangkan untuk kondisi masyarakatnya sendiri, menurut pantauannya di lapangan, warga masih merasakan trauma dan masih teringat saat musibah yang melenyapkan rumah dan anggota keluarganya. Selain itu, gempa susulan dengan skala kecil pun masih sering terjadi setiap harinya.

Meski bantuan ini menurut Solehudin tidak banyak, namun diharapkan Rumah Yatim dapat membantu meringankan beban korban bencana, yang sempat dilanda kesulitan.

“Insya Allah akan kami ratakan penyaluran ini di 500 titik pengungsian,” pungkasnya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend