Ratusan Mustahik di Desa Pamuteran Terima Manfaat Zakat Rumah Yatim

Di penghujung Februari 2019 ini, Rumah Yatim Cabang Bali berbagi kebahagiaan bersama ratusan masyarakat prasejahtera di Desa Pamuteran. Kebahagiaan ini direalisasikan dalam bentuk bantuan paket sembako bagi masyarakat yang digelar di Jalan Raya Seririt-Gilimanuk Km. 30, Desa Pamuteran, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Selasa (26/2).

Kepala Cabang Rumah Yatim Bali, Yana mengatakan, masyarakat sangat antusias dengan kehadiran tim relawan pada siang hari ini. Apalagi, tujuannya untuk membantu meringankan beban ekonomi mereka. Pada kesempatan kali ini juga, kata dia, paket sembako bisa dirasakan manfaatnya oleh 107 orang mustahik.

“Sembako ini kami salurkan memang rutin setiap bulan, kali ini seluruh penerima memang prasejahtera,” ujarnya.

Sebelumnya, kata dia, tim relawan sudah memastikan data penerima manfaat saat ini. Hal itu lewat kegiatan survei dan koordinasi dengan aparatur pemerintahan setempat. Hal ini untuk memastikan seluruh penerima manfaat memang sesuai dan tepat sasaran. “Karena kami melihat masyarakat di sana layak untuk mendapatkan bantuan,” tuturnya.

Secara garis ekonomi, sambung dia, masyarakat di Desa Pemuteran terbilang lemah. Sejumlah penerima juga merupakan lansia dan janda prasejahtera yang memang sudah tidak mampu bekerja secara normal. Harapannya, kata Yana, bantuan sembako bisa menunjang kebutuhan para penerima untuk beberapa hari ke depan. “Semoga mereka bisa terbantu dengan program yang kami selenggarakan ini,” ungkapnya.

Pembagian sembako sendiri merupakan salah satu realiasi zakat dari titipan para donatur kepada Rumah Yatim, khususnya di Bali. Wilayah dan target penerima juga dilakukan secara merata di sejumlah tempat. Agar, manfaat zakat di Rumah Yatim bisa dirasakan secara meluas.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Send this to a friend