Relawan Rumah Yatim Kunjungi Lokasi Tewasnya Ribuan Warga Rohingya

Relawan Rumah Yatim Kunjungi Lokasi Tewasnya Ribuan Warga Rohingya

Sudah hampir satu pekan, sejak keberangkatannya pada Rabu (9/5) lalu, relawan Rumah Yatim berada di lokasi pengungsian warga Rohingya. Beberapa pengungsian Rohingya yang berada di wilayah Cox’s Bazar, Bangladesh dikunjungi relawan Rumah Yatim.

Sejumlah kegiatan dan survei ke lokasi pengungsian terus dilakukan relawan Rumah Yatim bersama Lembaga Kemanusiaan Small Kindness Bangladesh. Di sela-sela kesibukannya tersebut, relawan Rumah Yatim menyempatkan untuk mengunjungi lokasi bersejarah perjuangan pelarian warga Rohingya dari Myanmar, Sungai Naf.

Di sungai tersebut, telah terjadi tragedi yang memilukan. Sungai yang deras serta dengan kedalaman maksimal mencapai 120 meter menjadi jalur maut bagi kaum muslim Rohingya. Di sungai tersebut, kurang lebih telah tewas sekitar 15 ribu orang Rohingya yang berusaha menuju Bangladesh.

Pelarian warga Myanmar ini dikarenakan tindakan agresifitas tentara Myanmar kepada kaum muslim yang ada. Sehingga, ratusan ribu bahkan jutaan orang memilih untuk lari menuju negara tetangga. Perjuangan kaum muslim Rohingya ini harus terus berlanjut. Mereka harus melewati pegunungan dan sawah-sawah berawa, dan berakhir di Sungai Naf tersebut.

“Tim relawan datang ke lokasi tersebut agar bisa mengenang bagaimana penderitaan para pengungsi Rohingya,” papar relawan Rumah Yatim yang berada di Bangladesh, Abdurrahman.

Menurutnya, rasa pilu tersebut tersibak saat memandang luasnya sungai yang memutus ribuan anak Rohingya. Bahkan, kata dia, saat melakukan penyebrangan warga Rohingya hanya menggunakan peralatan seadanya. Tidak ada perlengkapan keselamatan. Sehingga, mengakibatkan ribuan orang harus tewas terseret derasnya arus sungai.

 

Di tulis oleh : Calam Rahmat Pada tanggal 2018-05-15 10:53:48

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend