Relawan Rumah Yatim Salurkan Bantuan Makanan untuk Warga Terisolasi Banjir

Relawan Rumah Yatim Salurkan Bantuan Makanan untuk Warga Terisolasi Banjir

Intensitas hujan yang masih tinggi di wilayah Kabupaten Bandung mengakibatkan terjadinya banjir disejumlah titik, salah satunya di wilayah Kelurahan Andir, Baleendah. Hingga saat ini Senin (27/1) petang ketinggian air masih mencapai 1-2 meter di wilayah tersebut dan sebagian wilayah lainnya. Dampak banjir ini pula memutus sejumlah akses dan kegiatan masyarakat.

Dampak paling terasa ialah ketersediaan makanan bagi para korban banjir. Hal itu cukup dirasakan oleh sebagian besar keluarga yang terisolir di Kampung Ciputat dan Kampung Uwak, Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah.

Melihat kondisi tersebut Rumah Yatim Area Jawa Barat menyalurkan bantuan makanan siap saji. Bantuan tersebut disalurkan secara langsung oleh tim relawan. Menurut Relawan Rumah Yatim Area Jawa Barat, Solehudin, bantuan makanan ini salah satu upaya untuk meringankan beban para korban.

“Kami sampaikan amanah para donatur untuk para korban, sedikit tapi mudah mudahan bermanfaat,” ujarnya.

Ia berharap, bencana banjir ini bisa cepat berlalu dan air lekas surut. Karena, hingga hari ke lima banjir ini, sebagian besar masyarakat masih bertahan di rumahnya masing masing. Sedangkan, untuk aktivitas keluar kampung warga harus menggunakan perahu dayung.

“Semoga lekas berlalu dan surut, karena khawatir selain aktivitas warga, penyakit pula mulai menyerang nantinya,” ungkapnya.

Banjir yang menggenangi sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung ini terjadi sejak Kamis (23/1). Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, total jiwa yang terdampak mencapai 40.880 jiwa. Disisi lain, sejumlah sarana umum meliputi 32 tempat ibadah dan 13 sekolah terendam air. Selain itu, sebanyak 7.638 rumah terendam banjir.


About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend