Orangtua Sakit, Rizki Siswa Kelas 4 SD Harus Bekerja Penuhi Kebutuhan Keluarga

Orangtua Sakit, Rizki Siswa Kelas 4 SD Harus Bekerja Penuhi Kebutuhan Keluarga

Lalu Rizki Alkautsar (9) dikenal sebagai anak yang pintar dan meraih berbagai prestasi. Di sekolahnya, siswa kelas 4 SD itu selalu mendapat juara umum. Tak hanya itu, bocah berusia 9 tahun itu pula dikenal sebagai anak yang berbakti kepada keluarga. Setiap sepulang sekolah atau di sela-sela kegiatannya, Rizki harus bekerja layaknya seperti orang dewasa, yakni bantu-bantu mengangkat pasir dan batu di dusunnya.

Hal itu ia lakukan semata-mata untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri dan kedua orangtua. Pasalnya, sang ibu mengidap penyakit stroke, sedangkan sang ayah tak bisa lagi berjalan karena pernah jatuh saat menjadi kuli bangunan dua tahun lalu.

Menurut relawan Rumah Yatim Cabang NTB, Maria Ulfa mengungkapkan, Rizki bekerja kasar seperti itu sudah hampir dua tahun. “Dia menjadi tukang bantu-bantu di dusunnya mendapat upah 50 ribu rupiah dalam sehari, kadang lebih kecil dari itu upahnya,” paparnya.

Walau begitu, Rizki selalu bersyukur dan ikhlas menjalani pekerjaannya itu demi membantu kedua orangtua. “Apa saja dia kerjakan, karena kalau tidak bekerja, dia tidak akan mendapatkan uang belanja dan sekolah,” ujarnya.

Ulfa mengatakan, Rizki sebetulnya punya dua kakak perempuan. Tapi, keduanya sudah menikah dan tinggal jauh. Jadi, mereka jarang menengok Rizki serta kedua orangtuanya.

Melihat kondisinya itu, Rumah Yatim Cabang NTB memberikan bantuan untuk menunjang kebutuhan sekolahnya melalui program back to school berupa bantuan perlengkapan sekolah kepada Rizki, Rabu (22/7). Bantuan ini diharapkan bisa jadi pendorong semangatnya untuk terus belajar dan berprestasi agar kelak bisa menjadi guru seperti yang dicita-citakannya.

Selain Rizki, ada 119 anak yatim dan dhuafa lainnya di Dusun Tomber, Desa Labulie, Kec. Jonggat, Kab. Lombok Tengah, dan Dusun Bongor, Desa Batunyale, Kec. Praya tengah, Kab. Lombok Tengah, yang mendapat bantuan serupa. “Semoga bantuan ini bermanfaat bagi mereka dan bisa meningkatkan semangat belajar anak-anak,” pungkasnya.

 

Jurnalis: Anjar Martiana

Redaktur: Tanti Sugiharti

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend