Rumah Yatim Adakan Layanan Kesehatan Gratis untuk Warga Patenggang

Sabtu (19/9) kemarin, Rumah Yatim Area Jawa Barat mengadakan bantuan layanan kesehatan untuk puluhan warga di Kampung Patenggang, Desa Margaluyu, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. Layananan kesehatan ini dimanfaatkan oleh kurang lebih 50 warga Patenggang yang meliputi anak anak hingga lansia.

Relawan Rumah Yatim, Solehudin menuturkan, bantuan ini diadakan untuk membantu warga setempat khususnya yang kurang mampu secara ekonomi, bisa mendapatkan pemeriksaan medis dari dokter dan pengobatan gratis. Pada kesempatan ini pula, tim Rumah Yatim membawa Dokter umum, perawat dan apoteker untuk menangani warga, agar bisa mendapatkan pengobatan yang layak.

Selain itu, bagi warga yang tidak bisa datang ke posko layanan kesehatan, Relawan juga mendatangi 5 warga untuk dilakukan pemeriksaan di rumahnya. Hal ini supaya mendapatkan hak yang sama pula dengan warga lainnya.

Menurutnya, bantuan penyuluhan yang dilangsungkan tidak dipungut biaya sama sekali bahkan untuk obat obatan sekali pun. Hal ini penting pasalnya karena banyak warga yang trauma dengan penyuluhan kesehatan gratis yang ternyata warga harus tetap mengeluarkan biaya.

“Benar benar gratis ya ini bantuan kesehatan, sampai obatnya pun gratis, dokter gratis semuanya gratis pokoknya tidak dipungut biaya sama sekali. Banyak warga yang takut untuk diperiksa karena takut ujungnya harus keluar biaya juga”, tutur Solehudin.

Ia berharap, dengan disalurkannya bantuan kesehatan untuk warga kampung Patenggang, dapat meminimalisir dampak pandemi serta mencegah penyebarannya sekaligus. Warga juga mengucapkan terima kasihnya untuk Rumah Yatim dan Donatur untuk bantuan yang disalurkan dan berharap agar penyaluran bantuan terus disalurkan ke daerah daerah sekitar lainnya.

Penulis: Alif Shafwan

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend