Rumah Yatim Akan Bangun Home Shelter Sementara Bagi Pengungsi Rohingya

Rumah Yatim Akan Bangun Home Shelter Sementara Bagi Pengungsi Rohingya

Tim Relawan Rumah Yatim menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Lembaga Kemanusiaan Small Kindness Bangladesh. Penyerahan simbolis ini merupakan bentuk kerjasama, guna membantu para pengungsi Rohingya yang ada di Bangladesh.

Salah satu relawan kemanusiaan Rumah Yatim, Abdurrahman, menyampaikan, kerjasama yang akan dijalin salah satunya memberikan bantuan berupa pembangunan beberapa unit rumah atau home shelter sementara. Bantuan ini rencananya akan direalisasikan bagi para pengungsi Rohingya yang ada di daerah Cox’s Bazar, Bangladesh.

Wilayah tersebut, kata Abdurrahman, merupakan salah satu kota perbatasan antara Bangladesh dengan Myanmar. Bantuan tersebut dicanangkan, kata dia, karena saat ini di Bangladesh sedang musim penghujan. Selain itu, para pengungsi pula masih banyak membutuhkan banyak bantuan terutama pangan dan kesehatan.

“Mereka hidup dalam sebuah rumah yang sebenarnya kurang layak huni, yang hanya terbuat dari bambu, dan sering bocor hingga ke dalam dan lantai masih berupa tanah,” paparnga, melalui pesan singkat kepada jurnalis Rumah Yatim, Rabu (9/5).

Ia menambahkan, rumah yang akan dibangun sebanyak lima unit. Menurut dia, walaupun rumah yang dibangun belum secara ideal memenuhi kebutuhan para pengungsi. Akan tetapi, dibangunnya rumah tersebut setidaknya bisa digunakan untuk berteduh dari hujan dan panas.

“Terutama bagi anak-anak yang masih kecil, terutama anak-anak yatim yang masih membutuhkan perlindungan,” ungkapnya.

Ia berharap, ke depannya bisa membangun lebih banyak lagi rumah tinggal sementara untuk keluarga yatim Rohingya di Bangladesh. Selain itu, sambung Abdurrahman, sedikitnya ada sekitar 400 ribu pengungsi yang ada di Bangladesh. Namun, sebagian besar sudah mendapatkan bantuan tempat tinggal sementara dari sejumlah lembaga sosial lainnya.

“Kami berharap mudah-mudahan seluruh masyarakat Indonesia bisa ikut serta membantu menyelesaikan permasalahan sosial yang ada di mereka, terutama anak-anak bisa belajar dan meraih cita-cita mereka di masa yang akan datang,” jelas Abdurrahman.

 

Di tulis oleh : Calam Rahmat Pada tanggal 2018-05-11 08:47:21

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend