Rumah Yatim Akan Bangun Posko Banjir di Kelurahan Andir

Intensitas hujan yang semakin deras akhir-akhir ini, membuat sejumlah wilayah di Bandung Selatan alami peningkatan volume air. Salah satunya di Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Kamis (8/11). Sejauh ini, volume air yang masuk ke sejumlah perkampungan mencapai 50-70 cm.

Dari pantauan relawan Rumah Yatim, Dadan Rusmana, kondisi paling parah di daerah Baleendah berada di Kelurahan Andir. Dari 13 RW yang ada di kelurahan tersebut, 10 di antaranya menjadi titik fokus wilayah terdampak banjir. Namun, sambung dia, empat RW yang memiliki volume air tertinggi ada di RW 6, 7, 9, dan 13.

“Dari keempat RW tersebut setelah disurvei kondisi sudah surut, tapi masih sepinggang sekitar 70 cm lebih,” papar Dadan, saat memberikan informasi kepada juralis Rumah Yatim.

Ia mengatakan, di keempat RW tersebut saat ini akses keluar masuk perkampungan mulai sulit. Apalagi, ketinggian air akibat hujan semalam belum surut hingga Sabtu siang. Masyarakat di sana juga, kata Dadan, mulai kesulitan kebutuhan pokok dan akses transportasi.

“Insya Allah rencananya kita (Rumah Yatim) akan membuat posko banjir di daerah itu,” ujarnya.

Pembukaan posko ini, sambung Dadan, untuk mengantisipasi keadaan yang bisa terjadi tiba-tiba. Rencananya pembukaan posko tersebut di Kampung Cibadak, Kelurahan Andir. Lokasi tersebut, kata dia, atas rekomendari dari aparatur pemerintahan setempat. Hal ini, agar memudahkan untuk penurunan bantuan jika memang diperlukan.

Dadan menambahkan, sejauh ini masih ada beberapa wilayah di Bandung Selatan yang harus dikunjungi. Apalagi, intensitas hujan di bulan November saat ini semakin tinggi. Sejumlah kebutuhan yang diperkirakan akan diperlukan masyarakat sekitar ialah makanan siap saji, air mineral, alat pembersih lumpur, dan juga perahu karet.

“Karena banyak yang dibutuhkan, termasuk perahu karet untuk transportasi keluar masuk dari kampung yang memang terisolir tersebut,” tambah Dadan.

Pembukaan posko ini juga rencananya akan dipercepat, melihat volume air semakin tinggi di sejumlah daerah di Kelurahan Andir. Dadan, saat ini hanya memerlukan pemetaan tambahan di wilayah lain. Sebelum membuat posko yang direncanakan akan dibuka pekan depan.

“Secepatnya posko bisa dibangun di pekan ini di Andir, kalau gak paling telat pekan depan,” tuntasnya, melalui sambungan telepon saat berada di Kelurahan Andir.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat