Rumah Yatim Regional Jabodetabek melakukan survei untuk penyaluran program di Kampung Cihupu, Desa Karyasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Kamis (1/11). Kegiatan survei ini menjadi langkah awal Rumah Yatim Regional Jabodetabek untuk memenuhi kebutuhan sarana bagi masyarakat sekitar. Program yang akan disalurkan berupa pembangunan sarana Mandi, Cuci, Kakus (MCK).

Menurut penjelasan relawan Rumah Yatim Regional Jabodetabek, Ali Ridwan, temuan di kampung tersebut mayoritas masyarakat mengandalkan MCK umum yang sudah tidak layak pakai. Apalagi, kondisi MCK juga sangat minim penutup dan bangunan yang sudah hampir roboh.

“Di sana insya Allah akan ada pembuatan MCK umum bagi masyarakat Kampung Cihupu,” paparnya, saat diwawancarai, Jumat (2/11).

Selain itu, sambung Ali, kondisi masyarakat mayoritas tidak memiliki MCK di dalam rumahnya. Seluruh warga, hanya mengandalkan MCK kurang layak yang ada di kampung tersebut. Padahal, kata dia, sumber air yang ada sangat melimpah dan tercukupi untuk masyarakat.

Pembangunan sarana MCK juga nantinya akan digunakan oleh 100 kepala keluarga di Kampung Cihupu. “Rencana pembangunan akan dilaksanakan bulan ini untuk tanggalnya belum kita tentukan,” kata dia.

Mirisnya, kampung yang jauh dari keramaian kota ini juga menjadi satu dari sekian wilayah di Desa Karyasari yang prasejahtera. Rumah Yatim, tambah Ali, hadir untuk mendorong kebutuhan sarana MCK masyarakat. Selain itu, bukan hanya pemenuhan sarana pembangunan. Rumah Yatim juga akan memetakan kembali denah MCK yang sudah ada.

“Sebelumnya telah ada MCK umum, termasuk kita ubah tata letak penampung air yang sudah ada dikarenakan menghabiskan tempat,” ungkapnya.

Harapannya, dengan pembangunan yang akan segera dilaksanakan ini bisa berjalan baik. Terutama, kata Ali, ke depannya masyarakat Kampung Cihupu bisa merawat dan menjaga sarana yang nantinya diberikan.

Pembangunan sarana MCK ini juga, harapannya bisa menjadi solusi kebutuhan kebersihan dan kesehatan masyarakat kampung tersebut.

“Lebih nyaman melakukan aktivitas MCK yang ada, terutama sarana publik ini juga menunjang kebutuhan ibadah di masjid terdekat,” tuntasnya.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat