Rumah Yatim Akan Buka Dapur Umum dan Posko Bencana Tsunami

Tim relawan Rumah Yatim Regional Jabodetabek tengah mempersiapkan bantuan logistik bagi korban terdampak tsunami yang menerjang wilayah Labuan, Kabupaten Pandeglang. Rencananya, tim relawan akan berangkat menuju lokasi bencana pada Senin (24/12) malam ini.

Sejumlah bantuan yang dibawa tim relawan, meliputi kebutuhan pokok; beras sebanyak 500 kilogram, dan kebutuhan makanan olahan lainnya. Selain itu, tim relawan juga membawa ribuan paket MCK serta perlengkapan untuk bayi ke lokasi bencana tsunami.

“Rencananya insya Allah kita akan bangun dapur umum di sana, lokasi sementara akan dekat dengan posko pusat bencana yang ada,” ujar Ali Ridwan, salah seorang relawan Rumah Yatim.

Selain kebutuhan pokok makanan, Rumah Yatim Regional Jabodetabek juga membawa kebutuhan sandang layak pakai bagi korban bencana. Menurut Ali, saat ini para korban yang selamat memang sangat membutuhkan jenis bantuan tersebut. Apalagi, akses ekonomi dan kebutuhan makanan cukup sulit di daerah tersebut.

Target awal, sambung Ali, di lokasi tanggap darurat ini untuk membantu masyarakat yang terdampak tsunami. Agar meringankan, dan memberikan kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan saat ini. Untuk ke depannya, kata dia, akan menyesuaikan sesuai kebutuhan yang ada. “Untuk program awal kita bantu kebutuhan logistik (makanan),” ujarnya.

Ia mengungkapkan, posko bencana dan dapur umum yang akan dibangun Rumah Yatim berjangka waktu tentatif. Hal ini, dikarenakan menyesuaikan situasi dan kondisi di lokasi bencana. Apalagi, banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan.

“Untuk dapur umum belum tentu sampai kapannya, tapi kita situasional saja di sana,” ungkap Ali.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend