Rumah Yatim Akan Kembangkan Ekonomi Produktif Perkebunan Kopi

Rumah Yatim tengah mengembangkan ekonomi produktif di bidang perkebunan. Lajur perkembangan tersebut, saat ini sedang memasuki tahapan pengolahan tanah. Berlokasi di Desa Girimekar, Kecamatan Cilengkrang, Kota Bandung, lahan seluas 700 meter persegi tersebut merupakan tanah hibah dari salah seorang donatur yang akan digunakan untuk perkebunan kopi.

Menurut pemaparan relawan Rumah Yatim, Wawan, saat ini sedang digarap oleh salah seorang petani kopi. Hal ini, agar hasil tanah yang akan digunakan sesuai dan cocok dengan bibit kopi yang sudah disiapkan. Pengolahan tanah ini meliputi penggalian, pemerataan, serta penyemprotan. Untuk mendukung hal tersebut juga, saat ini Wawan telah menyiapkan bibit kopi setinggi kurang lebih 20 sentimeter.

“Pupuk dan bibit kopi sudah siap,” ujarya, kepada jurnalis Rumah Yatim, Selasa (7/8).

Selain itu, pengembangan ekonomi produktif di bidang perkebunan ini akan melibatkan masyarakat sekitar. Pasalnya, kata Wawan, ke depannya yang akan menggarap dalam pemanenan hasil kopi dilakukan oleh masyarakat juga. Di samping itu, kegiatan ekonomi produktif ini juga diusahakan bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Hasilnya untuk pengembangan tanah bagi masyarakat, memberdayakan masyarakat,” terangnya.

Wawan juga berharap, pengembangan ekonomi di bidang perkebunan ini tidak hanya berhenti disini. Ke depannya, ia menginginkan perkembangan yang lebih luas lagi. Khususnya, segi lahan maupun pemberdayaan masyarakat lewat perkebunan tersebut. Bahkan, sambung Wawan, ia bersama tim lainnya akan mengusahakan perkebunan kopi tersebut sampai tahap pengolahan kopi.

“Saat ini belum maksimal belum apa-apa. Tapi ke depannya insya Allah ingin mengolah sendiri,” jelasnya.

 

Reporter: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend