Rumah Yatim Bangun Penampungan Air Bersih untuk Masyarakat Cigaling


Bantuan sarana publik diberikan Rumah Yatim Jabodetabek untuk pembangunan penampungan air bersih di Kampung Cigaling, Desa Leuwibatu, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Bantuan tersebut untuk mendukung pemenuhan kebutuhan kebersihan dan kesehatan masyarakat sekitar.

Relawan Rumah Yatim Jabodetabek, Ali Ridwan mengatakan, di daerah tersebut masih sangat sulit untuk mendapatkan air bersih. Masyarakat harus rela berjalan kaki sejauh kurang lebih 600 meter ke sumber air di atas gunung. Sulitnya air pula diperparah dengan musim kemarau saat ini.

“Di sana kesulitas air bersih, apalagi sekarang lagi kemarau,” kata Ali, saat diwawnacarai, Minggu (25/8).

Ia mengungkapkan, masyarakat sebelumnya harus menempuh jalur yang curam untuk mendapatkan air bersih. Jalanan pula masih bebatuan dan hanya bisa diakses orang kendaraan roda dua. Namun, terkadang hal itu pula menghambat masyarakat untuk memperoleh air bersih.

“Dengan jalan yang curam, akses dari jalan aspal sekitar 30 menit melalui jalan curam dan batu-batuan,” tutur Ali.

Ia berharap, bantuan sarana publik yang diberikan Rumah Yatim bisa menunjang kebutuhan air masyarakat. Karena, dari pembangunan tempat penampungan air tersebut akan dipergunakan untuk tiap rumah yang ada di sekitaran wilayah tersebut.

“Air dari hulu dibuat penampungan awal dan disalurkan ke penampungan yang ada di dekat warga, nanti dari penampungan akan dibagi ke rumah-rumah warga,” tutupnya.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Send this to a friend