Rumah Yatim Bantu Pembangunan Jembatan Lapuk di Mantuil

Kondisi jembatan penghubung antardesa yang berlokasi di Jalan Jamaah, Kelurahan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kabupaten Banjarmasin, tampak memprihatinkan.

Bahkan, sebagian besar kayu-kayu yang digunakan sebagai penyangga jembatan tersebut, terlihat sudah mulai lapuk. Terkadang, warga pun takut untuk menyebranginya karena khawatir terjatuh dan tercebur ke sungai.

Melihat kondisi tersebut, Rumah Yatim area Kalimantan Selatan pun membantu pembangunan dan perbaikan jembatan melalui program “Sarana Publik”, pada Sabtu (19/9).

Relawan Rumah Yatim area Kalimantan Selatan, Novianti menerangkan, pihaknya membantu perbaikan dengan membelikan kayu dari jenis Ulin dan juga tongkat untuk jembatan tersebut.

“Jembatannya akan dibuat lebih kokoh lagi, kayu yang sudah mulai lapuk diganti dengan kayu yang baru. Tongkat yang awalnya hanya dari kayu Galam diganti dengan kayu Ulin,” terang Novianti.

Ia menceritakan, jembatan tersebut sesekali memang pernah diperbaiki, namun hanya perbaikan kecil. Masyarakat, terangnya, hanya mampu melakukan perbaikan dengan menambal papan yang sudah bolong dan lapuk termakan usia.

“Berdasarkan info dari Ibu RT di tempat tersebut, jembatan tersebut sudah berpuluh-puluh tahun berdiri disitu mba,” terangnya.

Dengan adanya bantuan tersebut, ungkap Novianti, masyarakat mengaku sangat senang. Pasalnya, mereka sudah beberapa kali mengajukan perbaikan ke sejumlah pihak namun tak pernah mendapat respon.

“Sekarang, Alhamdulillah Rumah Yatim dapat mewujudkan keinginan warga sekitar untuk memperbaiki jembatan tersebut,” tuturnya.

 

Jurnalis: Tanti Sugiharti

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend