Rumah Yatim Batam Bantu Penuhi Kebutuhan Pokok Pekerja Harian

Rumah Yatim Batam Bantu Penuhi Kebutuhan Pokok Pekerja Harian

 

Rumah Yatim cabang Batam kembali menyalurkan bantuan paket sembako untuk mencukupi kebutuhan pokok masyarakat prasejahtera. Kali ini, bantuan disalurkan bagi 20 masyarakat kurang mampu di Graha Nusa Permai, Batam, Kepulauan Riau, Senin (20/4) lalu.

Kepala cabang Rumah Yatim Batam, Septian Januar mengatakan, seluruh penerima manfaat merupakan masyarakat yang terkena dampak wabah pandemi covid-19. Mereka merupakan pekerja informal yang mengandalkan upah harian, sehingga dampak wabah ini sangat dirasakan.

Ibu Suryati (42) misalnya, seorang janda yang harus mencukupi kebutuhan 3 anaknya ini sangat merasakan dampak pandemi covid-19. Ia yang bekerja sebagai buruh cuci, kini hanya mendapatkan upah sebesar 20-40ribu perhari.

“Kondisi saat ini semenjak ada corona, Ibu ini kurang pendapatan. Karena orang-orang engga mau di cuci sembarangan karena takut virus corona. Padahal awalnya ia bisa mendapat upah 70-80ribu perhari,” terangnya.

Selain Suryati, salah seorang tukang rujak keliling. Tono, pria berusia 70 tahun ini juga sangat merasakan dampak wabah covid-19. Pasalnya, sebelum ada corona ia bisa mendapat keuntungan hingga 150ribu perhari, namun kini ia hanya mendapat 30-40 ribu saja.

Dampak dari wabah ini sangat berpengaruh terhadap kelangsungan ekonomi masyarakat, terutama kalangan ekonomi bawah. Mereka merasa kesulitan ketika kebutuhan sehri-hari nya sulit terpenuhi.

 

Jurnalis : Tanti Sugiharti

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend