Rumah Yatim Beri Bantuan Bagi 800 Yatim dan Dhuafa Kampung Citepus

Rumah Yatim Area Jawa Barat tengah menyalurkan program bantuan sembako dan program ifsho terikat kepada 800 yatim dan dhuafa, di Kampung Citepus, Kelurahan Padjajaran, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Sabtu (3/11).  Bantuan ini merupakan salah satu program pemberdayaan Rumah Yatim dalam membantu menangani permasalahan sosial di Kota Bandung.

Pada kesempatan ini, turut hadir pula Kepala Bidang Perlindungan dan Pemberdayaan Sosial Kota Bandung, perwakilan Camat Cicendo, perwakilan Kelurahan Pajajaran, dan Polsek Cicendo. Ketua pelaksana kegiatan, Safrudin menyebutkan, ratusan paket sembako dan makanan siap saji telah disalurkan. Pembagian makanan ini merupakan ifsho terikat dari para donatur yang membayar fidyah, kifarat dan nazar untuk disalurkan kepada fakir miskin.

“Alhamdulilah, penyaluran ini tepat sasaran. Karena tim memperoleh informasi daerah itu dari salah seorang donatur,” ungkapnya.

Ratusan masyarakat itu terdiri dari 500 anak-anak dan 300 lansia. Menurutnya, kampung ini masih jauh dari kesejahteraan. Oleh karena itu, bantuan ini disalurkan secara langsung agar tepat sasaran. Selain itu, kehadiran Rumah Yatim ini disambut antusias dan suka cita oleh ratusan masyarakat prasejahtera.

Kemudian mayoritas pekerjaan di kampung ini, kata dia sebagai pedagang kecil, buruh serabutan dan pemulung. Oleh karena itu, bantuan ini diharapkan dapat membantu sesama yang membutuhkan. Kendati demikian, Safrudin berharap ini sebagai langkah awalnya untuk memberikan program lain dalam menangani permasalahan sosial masyarakat di Indonesia.

“Semoga target ke depannya, ini menjadi langkah awal kita untuk bisa memberdayakan masyarakat prasejahtera untuk terus bersinergi dengan pemerintah,” pungkasnya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Send this to a friend