Rumah Yatim Beri Bantuan Bahan Pangan untuk Dapur Umum di Lombok Utara

Rabu (15/8), Rumah Yatim menyalurkan sejumlah bantuan bahan pangan kepada dapur umum tanggap darurat bencana di Kampung Kubangan, Dusun Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Bantuan diberikan sebagai bentuk kepedulian Rumah Yatim terhadap para korban terdampak gempa yang sedang mengalami kekurangan bahan makanan.

Adapun bantuan yang diberikan berupa bahan sembako yang nantinya akan dimasak dan dibagikan dalam bentuk nasi bungkus untuk disalurkan kepada 300 jiwa. Menurut pantauan tim relawan Rumah Yatim di lapangan, Abdullah mengungkapkan, dapur umum tersebut berada dekat dengan pengungsian para korban gempa. Sehingga setiap harinya melayani dan bantu memenuhi kebutuhan warga.

“Kita ngasih bantuan bahan pangan mentah seperti minyak, beras, dan lauk pauk lainnya ke dapur umum, nanti mereka yang olah. Karena di sini mereka melayani 1000 jiwa masyarakat yang terdampak gempa,” paparnya, saat dihubungi, Rabu (15/8).

Seperti yang disebutkan Abdullah, kondisi lingkungan sangat memprihatinkan. Hampir 95 persen bangunan hancur rata dengan tanah, sedangkan sisanya bangunan yang masih berdiri namun retak sehingga tidak layak untuk dihuni. Karena dikhawatirkan sewaktu-waktu bangunan akan roboh dengan sendirinya. Oleh karena itu, ratusan warga harus rela kehilangan rumah dan harta bendanya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh tim relawan dari penyelenggara dapur umum, kebutuhan warga mengalami banyak kekurangan. Selain itu, bahan makanan yang di olah semakin hari semakin menurun. Biasanya dalam sehari dapur umum mengolah bahan makanan tiga kali sehari dengan total terbanyak 700 jiwa.

Oleh karena itu, masih minimnya bantuan yang ada, Rumah Yatim berupaya membantu dapur umum dalam mengolah bahan makanan untuk dibagikan kepada para korban gempa.

Pemberian bantuan ini, diharapkan dapat sedikitnya membantu masyarakat terdampak gempa yang sedang dilanda minimnya bantuan kebutuhan. Sehingga dalam beberapa hari ke depan, bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi para korban gempa di Kampung Kubangan, Lombok Utara.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend