Rumah Yatim Beri Bantuan Pompa Air Bagi Masyarakat Madangkaum

Berjarak tidak jauh dari permukiman elit di Bogor, tidak membuat masyarakat Kampung Madangkaum RW 03, Desa Babakan Madang, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, berkecukupan. Air bersih yang saat ini menjadi satu dari sejumlah keresahan warga. Melihat kondisi itu, Rumah Yatim Regional Jabodetabek menyalurkan bantuan pompa air ke lokasi tersebut, Rabu (11/7).

Menurut pemaparan Person In Charge (PIC) kegiatan, Ali Ridwan, masyarakat Kampung Madangkaum harus mengambil air dari sungai. Namun, jarak perkampungan ke lokasi sungai kurang lebih sejuah 300 meter. Kondisi tersebut diperparah jika curah hujan yang tinggi membuat masyarakat harus rela tidak ke sungai. “Kadang-kadang banjir kalau hujan dan takut untuk mencuci,” ujarnya.

Sebenarnya, kata Ali, di perkampungan Madangkaum sudah ada mesin penyedot air. Namun, kondisi mesin sudah rusak dan tidak dapat dipergunakan kembali. Mesin air itu juga merupakan hasil pemberian salah seorang dermawan kepada masyarakat. Sejauh ini, masyarakat hanya mengandalkan mesin air tersebut.

Ia menambahkan, bantuan pompa air Rumah Yatim diharapkan bisa membantu pemenuhan air bersih untuk keseharian masyarakat. Bantuan tersebut juga diserahkan kepada Karang Taruna di wilayah itu. Harapannya, bisa menjadi pendorong aktivitas dan kebutuhan konsumsi masyarakat.

Selain itu, kata Ali, akan ada tindak lanjut dari pemberian pompa air tersebut. Salah satunya, pembuatan tempat MCK bagi masyarakat. Rencananya sejauh ini sudah dikoordinasikan dengan pihak pemerintah setempat. Bahkan, salah seorang warga bersedia mewakafkan lahannya untuk dijadikan lokasi pembangunan sarana publik tersebut.

“Rencananya untuk bikin sumur ini, tetap menggunakan sistem penyedotan air dari bawah. Sekitar untuk 1000 orang dan disuplai ke tiga masjid dan beberapa pesantren,” paparnya.

 

Di tulis oleh : Calam Rahmat Pada tanggal 2018-07-12 12:08:33

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend