Rumah Yatim Beri Santunan Bagi Keluarga Prasejahtera di Neglasari

Tim Rumah Yatim Jawa Barat mengunjungi kediaman puluhan keluarga prasejahtera di Kampung Neglasari, Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, untuk menyalurkan santunan biaya hidup, pada Sabtu (15/12) lalu. Penyaluran dilakukan melihat dari kondisi keluarga prasejahtera yang berada di bawah kemiskinan dengan penghasilan sangat pas-pasan.

Relawan Rumah Yatim Area Jawa Barat Deni menyebutkan, sebanyak 26 keluarga prasejahtera menerima bantuan tersebut dengan sangat antusias. Kondisi wilayah yang merupakan area pertanian maka warga setempat bermata pencaharian sebagai buruh tani dengan penghasilannya hanya mencapai 15 ribu hingga 20 ribu dalam sehari.

“Penyaluran difokuskan kepada keluarga prasejahtera terutama lansia yang sangat membutuhkan bantuan. Penghasilannya tidak tetap. Karena panen padi kan gak tiap hari. Paling mereka ikut perawatan sawah punya orang lain saja,” terangnya.

Kendati demikian, nominal penghasilan tersebut tidak mencukupi biaya kehidupannya sehari-hari. Oleh karena itu, penyaluran dilakukan secara langsung dari rumah ke rumah atau home visit. Hal itu dilakukan karena faktor usia dari lansia yang tidak memungkinkan untuk datang ke satu titik. Terlebih ada salah satu lansia yang sakit.

Lebih lanjut kata dia, program santunan biaya hidup untuk keluarga dhuafa itu merupakan program reguler Rumah Yatim yang rutin disalurkan setiap bulannya. Bukan hanya di Bandung, tetapi penyaluran santunan itu juga disalurkan secara merata kepada masyarakat prasejahtera di Jawa Barat.

“Penyaluran ini memang rutin setiap bulannya untuk keluarga dhuafa setiap bulannya di Jawa Barat, karena kita mengemban amanah dari donatur,” ungkapnya.

Menurutnya, Rumah Yatim sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas), tengah mengemban amanah dari muzzaki untuk lebih mengoptimalkan pemberian santunan kepada orang yang sangat membutuhkan. Meskipun dengan nominal tidak seberapa, setidaknya bantuan itu bisa disalurkan secara menyuluruh agar masyarakat yang ada di Jawa Barat bisa merasakan manfaatnya.

Deni berharap, santunan yang disalurkan itu dapat meringankan beban perekonomian keluarga prasejahtera untuk disalurkan secara merata. Bukan hanya itu, pemberian santunan ini juga sebagai bentuk laporan kepada donatur yang telah menitipkan donasinya kepada Rumah Yatim.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend