Rumah Yatim Berikan Bantuan untuk Marda, Penyandang Disabilitas yang Berjuang untuk Menafkahi 8 Anaknya

Rumah Yatim Cabang Batam pada hari Rabu (8/9) kemarin menyalurkan bantuan bahan pokok serta program bantuan tunai biaya hidup untuk Marda, seorang penjual koran yang sehari-hari tertatih-tatih berkeliling demi menafkahi 8 anaknya.

Marda bersama istri dan 2 anaknya yang paling kecil tinggal di bangunan berukuran 3×4 m yang sering kali bocor kala dilanda hujan di wilayah Kelurahan Baloi Permai, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau. Sedangkan 6 anaknya yang lain tinggal bersama sang nenek dikampung. Walaupun tinggal terpisah, Marda tak pernah lupa untuk terus mengirimkan uang untuk membiayai sekolah anak-anaknya di kampung.

“5 dari 8 anak beliau sekarang sekolah SD sampai SMA, sedangkan 3 lainnya belum sekolah karena masih kecil-kecil”, terang Eka, Kepala Cabang Rumah Yatim Batam.

Sehari-harinya, Marda berangkat tertatih-tatih ditemani tongkat lusuhnya dari pukul 14.00 hingga pukul 22.00 untuk menjajakan koran yang beliau jual. Tak banyak yang bisa beliau dapatkan dari seharian berjualan, hanya Rp.80.000,- hingga Rp.100.000,- saja.

“Itu pun harus dipotong uang setoran yang setiap harinya harus Pak Marda bayarkan sebesar Rp.40.000,-“, lanjut Eka.

2 tahun lalu, musibah juga menimpa Marda, ketika beliau baru menggunakan sepeda motor untuk menjajakan koran, kecelakaan terjadi dan membuat Marda cacat permanen.

“Walaupun penghasilannya sangat terbatas, beliau tidak pernah menyerah, beliau ingin tetap anak-anaknya bisa sekolah setinggi-tingginya agar tidak hidup sulit seperti beliau”, papar Eka.

Bantuan yang disalurkan hari ini diharapkan dapat memberikan keringanan serta semangat untuk Marda. Kedepanya tim relawan akan terus menyalurkan bantuan serupa kepada Marda untuk membantu beliau dan keluarga agar mendapatkan penghidupan yang lebih layak.

Penulis: Alif Shafwan

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Send this to a friend