Rumah Yatim Buka Posko Dapur Umum untuk Penyintas Banjir Kabupaten Bekasi

Senin (22/2) kemarin, tim relawan Rumah Yatim Area Jawa Barat berangkat menuju lokasi bencana banjir di wilayah Kampung Mareleng, RT.01/RW.05, Desa Bojongsari, Kecamatan Kedung Waringin, Kabupaten Bekasi.

Tim relawan dibantu warga membuka posko dapur umum untuk keperluan warga yang kediamannya sementara ini tidak dapat di gunakan karena terendam banjir. Sebanyak 250 kg beras, 10 dus mie instan, 240 dus sardine, 40 L minyak goreng, 24 kg gula, 24 dus teh kemasan, serta 18 dus kue kering disalurkan Rumah Yatim untuk dapur umum yang di bangun hari Senin kemarin.

“Saat ini beberapa titik banjir telah surut dan warga ada yang sudah bisa kembali ke kediaman mereka dan mulai membersihkan sisa-sisa banjir, namun fasilitas dapur di kediaman mereka belum bisa di gunakan, jadi kita buat dapur umum ini”, terang Irwan, salah satu relawan Rumah Yatim yang berangkat ke lokasi bencana.

Pembangunan dapur umum ini juga mencegah penyebaran penyakit menular pasca banjir yang kerap kali terjadi di lokasi bencana. Irwan menyampaikan, pentingnya akses dapur dan makanan higienis untuk korban bencana.

“Karena banjir ini kalo dipaksakan memasak di rumah kami takutkan itu masih kotor dan bisa jadi penyakit menular, jadi dapur umum ini bisa menjamin kebersihan makanan yang akan di konsumsi warga”, tutup Irwan.

Penulis: Alif Shafwan

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend