Rumah Yatim Dampingi Azka Penderita Tuberkulosis Lakukan Kontrol Kesehatan

Rumah Yatim Dampingi Azka Penderita Tuberkulosis Lakukan Kontrol Kesehatan

Menderita tuberkulosis atau biasa dikenal dengan Tb/Tbc, membuat Azka Bintang (3) nampak semakin kurus. Berat badan yang biasanya cukup, kini mulai menurun dan tidak bertambah. Ditambah lagi, demam berkepanjangan pula sering dialami oleh Azka.

Ia merupakan anak semata wayang dari orangtua tunggal, Sulihat. Pekerjaan sang ibu yang hanya berjualan di pasar serta sebagai buruh cuci. Hal itu belum bisa memaksimalkan pengobatan Azka. Sulihat saat ini pula hanya tinggal di kontrakan tak lebih dari 3 x 4 meter di Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Keterbatasan ekonomi yang ada, membuat Sulihat memberanikan diri untuk datang ke salah satu Kantor Cabang Rumah Yatim yang ada di bilangan Jakarta Timur. Kedatangan Sulihat disambut baik oleh petugas jaga di kantor kas yang bersangkutan.

“Tidak ada sanak saudara yang bantu. Sehingga memberanikan diri untuk mendatangi kantor Rumah Yatim untuk meminta bantuan,” ujarnya.

Lewat keberaniannya tersebut, Rumah Yatim turut mendampingi pengobatan yang dilakukan oleh Azka. Salah satunya tahapan pertama yang dilakukan ialah memeriksakan kondisi Azka di Klinik Utama Polonia Otista, Jakarta Timur.

“Kami bantu untuk kontrol dan pengobatan di klinik terdekat dulu, yang kebetulan tidak jauh dari kantor kas,” ujarnya.

Ke depannya, kata Rusmanto, penanganan Azka akan disesuaikan dengan kegiatan dan program yang ada di Rumah Yatim. Ia pula berharap bisa terus mendampingi pengobatan tersebut karena melihat kondisinya sangat membutuhkan bantuan. Untuk saat ini, bantuan yang diberikan masih sebatas pemberian uang tunai untuk kebutuhan hariannya dan kontrol awal.

 

 

 
Jurnalis: Calam Rahmat
Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Powered by

Send this to a friend