Rumah Yatim Dampingi Irfan untuk Jalani Operasi

Rumah Yatim Dampingi Irfan untuk Jalani Operasi

Dipenghujung Mei 2020 lalu, kondisi Muhamad Irfan (16 bulan) penderita Meningocele kian memburuk, benjolan dekat mata nya mengeluarkan cairan. Untuk itu, Senin (6/7) lalu, tim Rumah Yatim area Jawa Barat mendampingi Irfan ke Rumah Sakit Santosa, Kota Bandung, untuk melakukan pemeriksaan awal sebelum adanya tindakan operasi.

Relawan Rumah Yatim Area Jabar, Permana menjelaskan, pemeriksaan awal ditangani oleh Dokter bedah Saraf, dr. Mirna. Kemudian berkonsultasi dan langsung dilakukan pemeriksaan Computed Tomography (CT) Scan untuk mendapatkan diagnosa lanjutan. Sedangkan hasilnya akan keluar dalam tiga hari. Namun berdasarkan pemeriksaan sementara Irfan harus segera dilakukan tindakan operasi.

“Kemarin kita ke spesialis bedah saraf, setelah hasil CT scan keluar nanti itu, memang ada tindakan lain. Jadi kemungkinan untuk operasi ga mungkin satu kali, jadi ada beberapa tahapan untuk operasi itu,” jelasnya, yang mendampingi pemeriksaan Irfan.

Ia menambahkan, sebelum operasi harus ada konsultasi lanjutan berupa pertimbangan dari beberapa dokter. Seperti Spesialis Bedah Saraf, Spesialis Mata, dan Spesialis Bedah Plastik. Menurut pemaparan Dokter Mirna, cairan yang keluar itu masuk ke saraf mata juga. Oleh karena itu, tindakan sementara yaitu menghentikan cairan tersebut. Menurutnya, operasi tahap awal ini cukup riskan, karena nanti nya bisa jadi ada operasi plastik untuk mengembalikan bentuk muka Irfan.

Kemudian sebelum operasi yang dijadwalkan tanggal 16 Juli 2020 mendatang, Irfan harus kembali melakukan pemeriksaan dengan dokter Bedah Saraf yang akan dilaksanakan pada Senin 13 Juli 2020. Tim Rumah yatim terus mengupayakan untuk pengobatan Irfan lewat penggalangan dana di donaionline.id.

“Kalau untuk operasi pertama itu tanggal 16 Juli. Mudah-mudahan tidak ada perubahan dan hasil CT Scan nya bisa segera ditindak operasi,” pungkasnya.

 

 

 

Penulis: Dila Nurfadila

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend