Rumah Yatim dan Baznas Ukur Indeks Dana Zakat di Desa Parigi Pandeglang

Rumah Yatim terlibat dalam melakukan pengukuran Indeks Desa Zakat (IDZ) yang digagas Pusat Kajian Strategis Badan Amil Zakat Nasional (Puskas Baznas) di Desa Parigi, Kecamatan Saket, Kabupaten Pandeglang, Senin (14/8). Keikut sertaan Rumah Yatim merupakan upaya pembelajaran dalam mengkaji secara langsung untuk penerima bantuan dana zakat.

Indeks Desa Zakat (IDZ) merupakan upaya mengetahui layak tidaknya suatu desa untuk menerima bantuan dari dana zakat. Kegiatan yang dilakukan dalam pengukuran IDZ ini meliputi, survei di lapangan melihat secara langsung kondisi dan situasi ekonomi, sosial, kesehatan, pendidikan dan lainnya.

“Yang digunakan dua metode secara tertulis dan wawancara secara langsung kepada masyarakat dan pejabat desa,” ujar Timbul Yuwono, Direktur Pemberdayaan Rumah Yatim, di sela-sela kegiatan pengukuran IDZ.

Setelah kegiatan pengukuran IDZ dilakukan, sambung Timbul, akan ada hasil untuk mengetahui sejauhmana kemiskinan dan kelayakan suatu desa dalam menerima bantuan dana zakat. Harapannya, lewat kegiatan ini Rumah Yatim bisa belajar banyak dalam mendapatkan data yang aktual dan faktual. Agar, bantuan yang disiapkan Rumah Yatim bisa tersalurkan dengan lebih baik.

“Harapan kami Rumah Yatim bisa belajar banyak dari program IDZ tersebut,” jelasnya.

Di samping itu, bahkan lewat kegiatan yang didampingi oleh Baznas pusat ini secara data didapatkan aktual dan faktual sesuai kondisi di lapangan. Hal ini juga, sambung Timbul, menjadi dasar Rumah Yatim untuk menyalurkan bantuan program dari dana zakat yang sesuai kategori dan sasaran yang tepat. Baik bantuan program pendidikan, kemanusiaan dan lainnya.

“Untuk selanjutnya kita akan ke lapangan melihat langsung kondisi yang ada,” tutupnya.

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Manager Rumah Yatim Regional Jabodetabek Sani Ramdani, serta Kasie Pendayagunaan Rumah Yatim Regional Jabodetabek Muslihudin.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat