Rumah Yatim dan Komunitas NTN Dirikan Posko Bantuan Bagi Korban Gempa

Jumlah korban jiwa akibat gempa terus bertambah. Gempa susulan terus terjadi setiap harinya. Korban yang terluka semakin banyak, dan pengungsian semakin sesak. Fasilitas kesehatan makin terbatas, masalah gempa masih jauh dari tuntas. Oleh karena itu, Rumah Yatim bekerjasama dengan Komunitas Nusa Tenggara Nusantara (NTN) membuka posko bantuan bagi para korban gempa Lombok.

Bertempat di Dusun Telaga Wareng, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, posko tersebut akan didirikan di tengah-tengah pengungsian dan reruntuhan bangunan rumah para korban gempa. Pemilihan lokasi tersebut, kata Dadan selaku relawan Rumah Yatim, untuk memudahkan akses bantuan tanggap darurat bencana.

“Posko kita berada di tengah-tengah pengungsian dan reruntuhan, supaya aksesnya mudah bagi para korban terdampak,” ungkapnya, Senin (13/8).

Adapun tujuan dari pendirian posko tersebut, menurutnya akan digunakan untuk koordinasi bantuan dengan pihak lain, droping barang-barang bantuan, dan pemetaan bantuan dengan pihak lain. Oleh karena itu, posko tersebut memiliki fungsi multiguna sebagai sarana koordinasi penyimpanan barang sementara, agar bantuan yang disalurkan merata dan langsung dibagikan kepada warga.

“Posko ini multifungsi, misalnya masyarakat butuh bantuan ke Rumah Sakit, kita menyediakan sarana transportasi operasional untuk kebutuhan masyarakat, jadi kita lebih tertarik memberikan bantuan secara langsung kepada per keluarga, tidak melalui perantara,” jelasnya.

Selain itu, sambung Dadan, hal ini juga untuk memudahkan akses semua pihak terutama masyarakat yang sedang memiliki kebutuhan mendesak, karena berada di lokasi yang strategis. Dalam hal ini, Rumah Yatim mengupayakan semaksimal mungkin dalam penangan tanggap darurat bencana.

Kemudian, apabila kebutuhan yang dibutuhkan masyarakat di posko tidak ada, maka kata dia, akan diarahkan ke organisasi lain karena sebelumnya sudah berkoordinasi dengn Forum Zakat (FoZ).

“Kita upayakan apapun yang kita bisa, kita juga menyediakan transportasi yang sifatnya dadakan. Misalkan ada kebutuhan mendadak, maka kita koordinasikan dengan lembaga lain yang tergabung dalam FoZ,” paparnya.

Pembuatan posko tersebut, diharapkan dapat membantu para korban bencana, agar lebih mudah diberikan sehingga dapat terorganisir dengan banyaknya koordinasi. Selain itu, hal ini juga diharapkan dapat lebih memudahkan Rumah Yatim dalam membantu warga di pengungsian.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend