Rumah Yatim dan Lurah Cijagra Bahas Program Bebas ODF Untuk Warga

Rumah Yatim dan Lurah Cijagra Bahas Program Bebas ODF Untuk Warga

Relawan Rumah Yatim Solehuidn bersama Lurah Cijagra, Maman, melakukan pertemuan guna menindak lanjuti program bebas Open Defecation Free (ODF) yang dicanangkan Pemkot Bandung. Pertemuan tersebut belangsung di Kantor Kelurahan Cijagra, Jalan Cijagra Gang I No.13, Cijagra, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Senin (2/3).

Menurut Solehudin, pertemuan kali ini guna membahas penetapan titik pembuatan septic tank komunal dalam rangka menyukseskan program bebas ODF di Kota Bandung. Bantuan ini nantinya akan menampung kotoran rumah tangga dari sejumlah kepala keluarga (KK) yang masih melakukan ODF.

“Insyaallah kami tetap bersinergi baik dengan Dinkes Kota Bandung maupun pihak kelurahan selaku yang memiliki wewenang di wilayah tersebut,” ujarnya.

Karena, dari data Dinas Kesehatan Kota Bandung di Kelurahan Cijagra ada sekitar 700 Kepala Keluarga yang masih berperilaku membuang kotoran rumah tangga ke sungai. Melihat tersebut, kata Soleh, Rumah Yatim selaku lembaga yang ikut konsen dalam permasalahan ODF turun memberikan bantuan.

“Kali ini kami tetapkan dulu titik lokasi yang akan dibuat penampungannya, kemudian bisa untuk dilakukan pembuatan,” ucapnya.

Hingga sejauh ini, lebih dari 180 ribu KK yang tercatat di Dinas Kesehatan Kota Bandung belum bebas ODF. Program ini rencananya akan terus masif dilakukan hingga satu tahun ke depan. Rumah Yatim dalam hal ini akan terus mendukung dan ikut serta untuk menyukseskan program tersebut.

 

 

 

Jurnalis : Calam Rahmat
Redaktur : Dila Nurfadila

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Send this to a friend