Rumah Yatim Distribusikan Bantuan Untuk Korban Terisolir di Desa Lebaksitu Banten

Bantuan Logistik Mulai Disalurkan Relawan ke Desa Sukamulih Bogor

Kepala Desa Ciparahu, Ade Sujana, mengungkapkan hingga saat ini Senin (6/1) masih terdapat desa yang terisolir. Pasca banjir bandang dan longsor yang menerjang Kabupaten Lebak, Banten. Salah satunya ialah Desa Lebaksitu, Kecamatan Lebakgedong.

Menurut Ade, sejumlah bantuan yang akan masuk ke Lebaksitu hanya terhenti di tengah jalan. Karena, akses utama menuju lokasi tetutup material longsor. Untuk mendapatkan bantuan, kata dia, masyarakat harus berjalan kaki sejauh tiga kilo meter dengan jalur licin dan menanjak.

“Akses jalan tertutup di hari ke empat bencana kemarin, harus jalan kaki tiga kiloan,” paparnya, saat dihubungi jurnalis Rumah Yatim.

Ia mengungkapkan, untuk menuju lokasi saja diperlukan waktu sekitar delapan jam perjalanan. Hal itu dikarenakan sejumlah akses terputus terhalang sisa longsor dan banjir bandang. Kedatangannya, sambung Ade, untuk menyalurkan bantuan kebutuhan makanan bagi korban yang masih terisolir di Lebaksitu

Ade mengungkapkan, kondisi terkini masyarakat masih membutuhkan bantuan khususnya perlengkapan untuk memasak. Karena, hingga saat ini bantuan logistik mentah sudah mulai masuk. Namun, keterbatasan alat masak menjadi permasalahan saat akan mengolah menjadi makanan. Selain itu, keperluan perlengkapan ibadah seperti mukena, sarung, dan alquran sangat diperlukan.

“Belum ada bantuan buat ibadah, ini penting sekali. Serta untuk masak juga mereka perlu,” papar Ade.

Namun demikian, ia bersyukur Rumah Yatim ikut andil dalam meringankan beban para korban. Karena bantuan yang diberikan bisa menunjang kebutuhan pokok makanan beberapa hari ke depan. Terutama menunggu akses jalan kembali baik, sehingga bisa mendapatkan bantuan lainnya yang lebih maksimal.

“Terimakasih sangat bermanfaat, mudah mudahan segera pulih yang disini,” ungkapny,a saat dihubungi via telefon.



Penulis : Calam Rahmat
Redaktur : Dila Nurfadila

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend