Rumah Yatim Fasilitasi Umat Berbagi untuk Persaudaraan Lewat Qurban

Hari Raya Idul Adha atau biasa disebut hari raya qurban menjadi momen berbagi antar umat muslim. Melalui kegiatan ‘Qurban untuk Persaudaraan’, Rumah Yatim bersama donatur melakukan penyembelihan ratusan hewan qurban di Jalan Cibodas Raya No. 49, Kelurahan Antapani Kidul, Kecamatan Antapani, Kota Bandung, Rabu (22/8).

Menurut pemaparan Person In Charge (PIC) kegiatan qurban, Dadan Rusmana, Rumah Yatim sebagai fasilitator bagi ratusan donatur yang akan berqurban. Selain itu, seluruh hewan qurban yang diamanahkan kepada Rumah Yatim meliputi domba dan sapi. Seluruh hewan, kata dia, sudah melalui proses pemeriksaan kesehatan ternak hewan qurban yang dilakukan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung pada Senin (20/8).

“Alhamdulillah hari ini berjalan baik, seluruh hewan sudah terjamin hasil pemeriksaan Dinas Pangan kota,” ujarnya.

Selain itu, sejumlah donatur yang berqurban di Rumah Yatim turut ikut dalam kegiatan pemotongan. Hal ini juga terlihat dari ramainya donatur yang silih berganti mengikuti rangkaian pemotongan hingga pengepakan. Dadan menambahkan, hewan qurban yang sudah dipotong nantinya akan disalurkan kepada masyarakat prasejahtera di sejumlah lokasi.

“Sebab hakikat qurban adalah memberikan, menyerahkan sesuatu dengan sukarela, tanpa mengingat kepentingan diri sendiri,” paparnya.

Di sisi lain, kata Dadan, kegiatan qurban ini dilaksanakan tidak untuk menunjukkan kelebihan seseorang atas yang lainnya. Karena itu harus dikerjakan dengan ikhlas dalam rangka iman dan taqwa untuk mendekatkan diri kepada Allah.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend