Rumah Yatim Hadir di Lokasi Banjir Desa Cinta, Berikan Bantuan dan Trauma Healing untuk Anak-anak Disana

Usai menyambangi Kelurahan Sukawening, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, tim relawan melanjutkan perjalanan menuju lokasi banjir di kampung Cinta, Desa Cinta, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Garut.

Disana tim memberikan bantuan pakaian baru, karpet, dan membuka dapur umum. Selain itu, tim pun melakukan trauma healing kepada anak-anak yang terdampak banjir bandang.

Menurut penuturan Reza, salah satu relawan Rumah Yatim Jabar, trauma healing diberikan karena anak-anak tersebut saat ini dalam keadaan tertekan dan trauma akibat musibah yang terjadi.

“Kami mengajak mereka melakukan permainan, bernyanyi dan bercerita. Kami melakukan ini untuk menghibur serta membangkitkan semangat mereka supaya mereka dapat melupakan kesedihannya bencana ini,” ucap Reza.

Reza mengatakan jika anak-anak terlihat sangat senang dengan kegiatan yang dilakukan tim relawan Rumah Yatim. “Alhamdulillah mereka sangat ceria, mudah-mudahan kegiatan ini bisa berdampak positif pada psikologis mereka,” tambahnya.

Saat ini air banjir di Kampung Cinta telah surut, warga dan petugas gabungan baik dari Polres Garut, TNI, maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, serta tim relawan sedang bergotong royong mengevakuasi material lumpur dan batu yang terbawa banjir bandang.

Reza menyampaikan, akibat banjir bandang yang menerjang Desa Cinta pada Sabtu (27/11) lalu, ada sebanyak ratusan warga terdampak, 2 rumah rusak berat, 29 rumah rusak sedang, dan 64 rumah rusak ringan. Bencana ini pun telah merusak jalan raya dan jembatan.

“Data ini kami peroleh dari pak camat, Insya Allah kami akan terus berkoordinasi dengan pihak pemerintah setempat untuk membantu para korban terdampak,” pungkas Reza.

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Send this to a friend