Rumah Yatim Hadiri Diskusi Upaya Pemulihan Kondisi di Lombok

Masa penanggulangan darurat bencana di Lombok telah berakhir. Pasca penanggulangan, berbagai pihak berupaya melakukan pemulihan kondisi masyarakat. Pada Selasa (4/9), Rumah Yatim Cabang Mataram ikut berpartisipasi dalam diskusi terbuka bersama Bupati Lombok Timur soal upaya penanggulangan pengungsi dan logistik.

Bertempat di Lokakarya Pelatihan Pemda, Kabupaten Lombok Timur, pertemuan diskusi itu membahas soal solusi dari setiap persoalan dalam upaya pemulihan kondisi, recovery pembangunan di kawasan Nusa Tenggara Barat (NTB). Kepala Cabang Mataram, Amir Sumarna mengungkapkan, dalam diskusi terakhir belum menemukan titik temu yang sesuai soal menanggulangi gempa di Lombok Timur.

“Banyak solusi yang disampaikan oleh masing-masing relawan, namun belum menemukan titik temu yang pas terkait recovery, karena belum sinkron dengan pemerintah pusat,” ungkapnya.

Terkait recovery pembangunan, kata dia, harus menunggu tindak lanjut dari pemerintah pusat, karena soal pembangunan rumah permanen merupakan program dari pemerintah pusat. Untuk saat ini, beberapa lembaga maupun relawan hanya bisa menanggulangi masalah logistik dan kebutuhan sehari-hari.

“Karena ini rapat hanya diskusi bersama relawan dari beberapa lembaga yang di luar pemerintahan. Cuma yang dibahas masalah menanggulangi masalah logistik. Di beberapa daerah masih ada bantuan yang belum merata,” jelasnya, Rabu (5/9).

Menurutnya, Rumah Yatim sebagai relawan hanya bisa mengikuti setiap perkembangan dari pemerintah dalam menghadapi program yang besar ini. Apapun kondisinya, sambung dia haru, harus tetap bersinergi dengan pemerintah. Serta ikut andil untuk bisa membuat child home care sementara, dalam menangani masalah trauma mendalam yang dialami para anak-anak.

“Jadi untuk sementara memperhatikan kebutuhan sehari-harinya dulu, untuk penanganan darurat yang paling efektif,” pungkasnya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend