Rumah Yatim Jabodetabek Datangi Kediaman Rosyad Pengidap Celebral Palcy Guna Beri Bantuan

Sejak usianya masih satu bulan, Ananda Rosyad (13) sering mengalami muntah dan kejang-kejang. Sejak saat itu tubuhnya tidak berkembang dengan baik. Tangan dan kakinya tampak mengerut dan kaku.

Setelah dilakukan pemeriksaan ke rumah sakit, Rosyad -sapaan akrabnya, divonis menderita kelainan saraf otonom, gerakan, otot dan postur yang disebabkan oleh kerusakan pada otak yang belum berkembang. Atau biasa dalam istilah medis disebut celebral palcy / lumpuh otak.

Sudah 13 tahun lamanya, keluarga terus melakukan upaya penyembuhan bagi anak kesayangannya itu. Namun, hingga saat ini, kondisinya tidak kunjung pulih.

Sebagai orangtua, Hartini (35) dan Rahmat (40) sudah pasrah dan ikhlas terhadap kondisi anak keduanya itu. “Mereka sudah berusaha sebisa mungkin, tapi memang kondisi anaknya masih seperti itu,” papar Relawan Rumah Yatim Regional Jabodetabek, Fauzy.

Di sebuah rumah petak berukuran 3×2 meter persegi, mereka tinggal berlima. Yakni di Kampung Pangkalan, Kelurahan Semanan, Kalideres, Jakarta Barat. Anak pertamanya bernama Dafran (15) dan anak bungsunya bernama Ali Akbar (5).

Setiap harinya, Rahmat bekerja sebagai tukang ojek pangkalan. Penghasilan dari hasil mengojeknya itu tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian keluarga. Apalagi, dirinya butuh biaya yang cukup besar demi pengobatan Rosyad.

“Tak jarang mereka hanya makan dengan seadanya karena uang yang mereka dapat untuk prioritas pengobatan buah hatinya serta untuk pendidikan buah hatinya yang lain,” tambah Fauzy.

Melihat kondisi memprihatinkan itu, Rumah Yatim Regional Jabodetabek memberikan bantuan peduli sesama, pada Jumat (19/2). Bantuan yang diberikan berupa kebutuhan bahan pokok dan popok bagi Rosyad.

Ia berharap, bantuan yang Rumah Yatim berikan dapat bermanfaat. “Meski tidak banyak, haraoannya bisa sedikit meringankan beban keluarga bapak Rahmat,” paparnya.

Menurut Fauzy, pihak pemerintahan setempat pun saat ini sudah mengetahui dan memberikan perhatian lebih terhadap Rosyad. “Alhamdulillah sekarang Rosyad sudah dapat bantuan alat gerak berupa kursi roda khusus penderita cerebral palsy,” tutupnya.

Jurnalis: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend