Rumah Yatim Kaltim Siap Hadirkan Kualitas Hewan Qurban Terbaik

Rumah Yatim Kaltim Siap Hadirkan Kualitas Hewan Qurban Terbaik

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 H mendatang, sejumlah persiapan tengah dilakukan oleh tim Rumah Yatim di seluruh cabang di 20 provinsi di Indonesia. Mengusung tema ‘Berqurban dengan yang terbaik’ Rumah Yatim siap menjadi lembaga profesional untuk umat muslim dalam menunaikan qurbannya.

Salah satunya Rumah Yatim Cabang Kalimantan Timur yang telah melakukan survei keadaan hewan qurban di sejumlah daerah. Hal itu untuk menjamin kualitas hewan qurban yang disediakan sesuai dengan syari’at islam dan kesehatannya terjamin pula.

Kepala Cabang Rumah Yatim Kaltim, Riki Setiawan menjelaskan, untuk kambing tim relawan telah mensurvei beberapa supplier yang sudah ada di Kota Balikpapan. Sedangkan untuk sapi, tim relawan melakukan survei langsung ke tempat peternakan sapi di salah satu perkampungan di daerah tersebut.

“Untuk persiapan sendiri, pertama kami survei keadaan hewannya, kalau kambing kita masih ngambil ke supplier yang ada di tengah kota. Sedangkan sapi kita survei di salah satu kampung yang memang khusus masyarakatnya memelihara sapi,” jelasnya, Rabu (1/7) kemarin.

Kemudian untuk target hewan qurban yang akan disembelih, kata dia, untuk sapi sebanyak 15 ekor dan kambing 40 ekor. Sedangkan target penerima manfaat sebanyak 2.000 Kepala Keluarga. Lebih lanjut ia menambahkan, sasaran dari penyaluran hewan qurban ini yaitu desa-desa terisolir yang ada diperbatasan, pedalaman dan pesantren yang berkategori prasejahtera.

“Rencananya secara titik koordinat perbatasan-perbatasan itu ada 5 titik, antara lain perbatasan Penajam, Perbatasan Samarinda sama perbatasan Kutai Kartanegara dan dipelosoknya itu target kami,” paparnya.

Sedangkan untuk sistem pendistribusian dan penyembelihan, sambung Riki, sebagian hewan qurban akan disembelih di asrama untuk masyarakat sekitar asrama. Kemudian untuk di wilayah pelosok dan perbatasan rencananya akan didistribusikan dalam bentuk hewan yang masih hidup. Riki berharap, hewan qurban yang dipilih tim Rumah Yatim ini dapat memberikan keberkahan dan manfaat bagi masyarakat.

 

 

 

Penulis: Dila Nurfadila

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend