Rumah Yatim Kembali Buka Posko Kesehatan Bagi Korban Banjir Bandang

Kebutuhan kesehatan bagi korban pasca banjir bandang yang melanda Kelurahan Cicaheum, Kecamatan Kiaracondong, terus meningkat. Sejumlah penyakit kini dirasakan masyarakat setelah air bercampur lumpur menerpa pemukiman di Cicaheum beberapa hari lalu. Melihat kondisi tersebut Rumah Yatim Area Jawa Barat kembali membuka posko kesehatan di lokasi banjir, Jumat (23/3).

Menurut pemaparan Kasie Pemberdayaan Rumah Yatim Area Jawa Barat Solehudin, sehari sebelumnya Rumah Yatim pula membuka posko kesehatan di lokasi banjir. Namun, kata dia, wilayah yang dibantu tersebut berbeda kelurahan. Melihat hal itu, sambung dia, masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan bantuan kesehatan. “Saat ini kita buka di daerah lain, tidak jauh dari posko sebelumnya,” jelasnya.

Pada bantuan kesehatan ini, sejumlah keluhan penyakit datang dari berbagai kalangan. Bahkan, dari pantauan jurnalis Rumah Yatim sebagian kecil yang ke posko kesehatan merupakan anak-anak dan balita. Apalagi, genangan lumpur yang masih ada bisa kembali dengan mudah menyerah kekebalan tubuh anak-anak.

Pembukaan posko kesehatan ini dilakukan beriringan dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Bandung. Selain itu, tim Rumah Yatim pula berkeliling dari rumah ke rumah untuk memberikan informasi kepada masyarakat adanya layanan kesehatan. Hal ini dikarenakan, sejumlah masyarakat belum mengetahui adanya posko kesehatan dari Rumah Yatim Area Jawa Barat.

Selama kurang lebih tiga jam, posko dibuka untuk korban banjir bandang tersebut. Silih berganti puluhan masyarakat mengunjungi posko kesehatan Rumah Yatim Jawa Barat. Sejumlah keluhan masyarakat rata-rata mengalami lecet dan luka akibat membersihkan sisa lumpur di rumah.

 

Di tulis oleh : Calam Rahmat Pada tanggal 2018-03-24 08:56:31

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend