Rumah Yatim Kembali Survei di Lokasi Rawan Longsor Akibat Gempa

Ribuan bantuan telah disalurkan kepada warga terdampak gempa di kawasan Kabupaten Lombok Utara. Kini relawan Rumah Yatim kembali lakukan survei dengan mendatangi lokasi terdampak gempa rawan longsor di Kabupaten Lombok Barat, Jumat (17/8). Survei ini dilakukan untuk melihat kondisi lingkungan akibat gempa serta kondisi masyarakat pasca gempa.

Pada survei kali ini, relawan menyusuri daerah terdampak yang berlokasi di Dusun Gripak, Desa Glingsar, Kabupaten Lombok Barat. Menurut pantauan relawan di lapangan, Setiawan mengungkapkan, wilayah tersebut berlokasi di pegunungan dengan akses jalan yang sulit dijangkau, hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua.

“Alhamdulillah hari ini kami selesai survei. Kalau disini kondisi tempatnya pegunungan yang akses untuk kendaraan roda empat susah. Hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua. Kekhawatiran yang ada disini itu longsor,” paparnya.

Sedangkan, kondisi lingkungan akibat gempa, ada beberapa bangunan yang masih berdiri namun sudah tidak layak, dan ada juga beberapa bangunan yang runtuh. Selain itu, sambung dia, kondisi lingkungan yang berada di pegunungan, maka yang dikhawatirkan para warga adalah terjadinya longsor saat gempa.

Oleh karena itu saat gempa terjadi, masyarakat panik dan langsung mencari tempat yang aman agar terhindar dari bahaya longsor. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun kerugian materil sangat dirasakan para warga, sehingga harus menempati posko pengungsian hingga kondisi wilayah Lombok kembali normal dan kondusif.

“Posisinya kampung itu sebelahnya jurang, jadi dikhawatirkan longsor. Ada beberapa lagi daerah yang akan kita survei, semoga kita bisa segera menyalurkan bantuan di tempat ini untuk menyalurkan bantuan-bantuan dari Rumah Yatim,” pungkasnya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend