Rumah Yatim Kembangkan Ekonomi Produktif Stroberi di Ciwidey

Rumah Yatim mendukung ekonomi produktif usaha perkebunan stroberi di Ciwidey, Kabupaten Bandung. Saat ini perkebunan tersebut dikelola oleh salah seorang warga sekitar. Setiap pekannya buah yang identik untuk dibuat sebagai selai tersebut menghasilkan puluhan kilogram buah siap jual.

Saat berkunjung ke perkebunan tersebut, relawan Rumah Yatim memastikan kebutuhan dan kekurangan yang ada pada tanaman dominan merah itu. Menurut penjelasan pengelola kebun, Cahya Hidayat, saat ini tanaman sebagian terdampak penyakit. Namun, efek tersebut belum terlalu berimbas pada buah yang dipanen.

“Karena terlihat ada penyakitnya, berharap pimpinan bisa ngasih obat,” papar Cahya, Sabtu (8/9).

Ia menambahkan, perkebunan stroberi yang bisa panen hingga 30 kg setiap pekannya itu memerlukan perawatan cukup sulit. Bahkan, saat ini dirinya harus rutin memerikan pupuk khusus dan kompos. Sebelumnya, penanaman stroberi memerlukan waktu hingga tiga bulan lamanya sampai panen.

Hasil panen yang didapat, kata Cahya, akan disalurkan kepada salah seorang penampung di Ciwidey. Namun, ia berharap ke depannya bisa mengelola hasil panen hingga penjualannya. Agar, bisa memanfaatkan masyarakat dan saling memberi keuntungan secara langsung. “Berkeinginan bisa memasarkan sendiri,” kata Cahya.

Namun, sambung dia, dari hasil perkebunan tersebut dan dukungan Rumah Yatim ia bisa memenuhi kebutuhan keluarga. Bahkan, tidak penghasilan tersebut bisa meningkat dengan sendirinya. “Alhamdulillah dari penghasilan di sini bisa untuk memenuhi kebutuhan harian keluarga,” ungkapnya.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend