Rumah Yatim Mataram Raih Penghargaan Penanggulangan Bencana dari TNI

Pasca upaya penanggulangan bencana gempa bumi di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan sekitarnya, Rumah Yatim Cabang Mataram meraih penghargaan penanggulangan bencana gempa bumi Lombok dan Sumbawa dari TNI Gabungan Terpadu, Jumat (16/11). Diraihnya penghargaan ini diapresiasi Rumah Yatim atas upaya membantu masyarakat yang tertimpa musibah.

Bertempat di Lapangan Udara Nasional, Lombok Barat, penghargaan diberikan kepada beberapa NGO, salah satunya Rumah Yatim. Kepala Cabang Mataram, Amir Sumarna menuturkan, pemberian penghargaan ini juga sekaligus sebagai ajang silaturahmi dan forum untuk mempererat koordinasi terkait penanggulangan bencana.

Bahkan dari pihak panglima TNI, kata dia, mengucapkan terima kasih kepada Rumah Yatim yang sudah bekerjasama dalam penanggulangan bencana. Tanpa bantuan relawan, upaya pemerintah juga tidak akan bisa berjalan maksimal. Oleh karena itu, pemberian penghargaan ini sebagai apresiasi TNI kepada para NGO.

“Dari pihak panglima mengucapkan terima kasih banyak sudah bekerjasama atas penganggulangan bencana. Kata mereka, ‘usahanya luar biasa, tanpa bantuan relawan, pemerintah juga tidak bisa berjalan sendiri’,” jelasnya.

Hal ini diungkapkan Amir, dalam upaya penanggulangan dampak bencana, terkadang relawan merasa bingung harus berkoordinasi dengan instansi mana atas penanggulangan bencana. Oleh karena itu, adanya forum tersebut, TNI memberi ruang agar bisa berkoordinasi dengan pemerintah maupun TNI.

Target dari forum tersebut diharapkan ke depannya bisa terus bersinergi dengan aparatur pemerintah untuk menanggulangi bencana gempa Lombok dan Sumbawa. Agar tidak ada lagi kebingungan terhadap koordinasi dalam membantu masyarakat yang menjadi korban bencana. Selain itu, koordinasi ini bukan hanya untuk bencana tetapi juga bisa untuk misi kemanusiaan lainnya.

“Targetnya ke depan semoga lebih mudah lagi dalam berkoordinasi dengan pemerintah maupun aparat,” pungkasnya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend