Rumah Yatim Medan Bantu Renovasi Masjid Ar Rohim di Gurusinga

Terbengkalainya renovasi bangunan masjid serta tidak adanya tempat sarana ibadah bagi kaum minoritas muslim, membuat Rumah Yatim Cabang Medan memberikan sejumlah bantuan sarana publik bagi Masjid Ar Rohim, Minggu (23/12). Bantuan diserahkan karena terbengkalainya kondisi masjid yang hendak direnovasi namun sangat minim biaya renovasi.

Masjid Ar Rohim berlokasi di Jalan Kaban, Desa Gurusinga, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumut. Bantuan yang diserahkan berupa bahan material sebagai penunjang bahan bangunan untuk renovasi. Relawan Cabang Medan Iwan menuturkan, hampir satu setengah tahun renovasi masjid terbengkalai. Sebelumnya di wilayah tersebut tidak ada masjid sebagai sarana ibadah.

“Sebetulnya masjid itu adalah TPA, tapi karena enggak ada masjid, maka dibangun lagi menjadi dua tingkat. Bangunan bawahnya adalah TPA, maka bangunan atasnya dibuatlah masjid,” terangnya kepada jurnalis Rumah Yatim.l

Pemberian bantuan ini, kata dia, untuk meneruskan pembangunan masjid tersebut yang sempat terbengkalai akibat biaya. Oleh karena itu, adanya bantuan ini warga bisa memaksimalkan ibadahnya saat masjid itu sudah selesai pembangunan. Menurut informasi yang diperolehnya, pembangunan masjid atas permintaan warga sebagai minoritas muslim.

Tidak adanya fasilitas ibadah bagi kaum minoritas muslim di wilayah tersebut, sambung Iwan, membuat warga hanya beribadah di rumah masing-masing. Sehingga adanya bantuan renovasi masjid disambut baik oleh Ketua DKM Masjid Ar Rohim.

“Sebelumnya gak ada fasilitas ibadah, karena banyaknya non muslim. Awalnya bangunan itu TPA, jadi saking banyaknya masyarakat yang berbicara, akhirnya dibangun lagi jadi bertingkat,” jelasnya.

Ia berharap, setelah selesai dibangun, warga setempat bisa memanfaatkan masjid tersebut sebagai sarana ibadahnya secara maksimal. Serta diharapkan warga setempat dapat terus menjaga akidah ukhuwah islamiyahnya dengan sesama muslim.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend