Rumah Yatim Salurkan 500 Paket Sembako Bagi Pengungsi Rohingya

Rumah Yatim Salurkan 500 Paket Sembako Bagi Pengungsi Rohingya

Di hari ketiga, relawan kemanusiaan Rumah Yatim mengunjungi Ghundum dan Bhalukali Camp di Cox’s Bazar Bangladesh. Di dua camp tersebut terdapat sekitar 19.496 keluarga. Ada 14.123 rumah tinggal yang terbuat dari bambu dengan ukuran sekitar 3X4 meter yang rata-rata dihuni oleh 6-10 anggota keluarga. “Tentu ini bukan tempat yang layak untuk kehidupan berkeluarga,” kata salah satu relawan, Abdurrahman.

Selain akan membangun home shelter bagi para pengungsi, Rumah Yatim pun memberikan bahan pangan pokok. Dalam kondisi becek karena semalam turun hujan, tim relawan Rumah Yatim mendistribusikan 500 paket sembako di Bhalukali Camp, Sabtu (12/5).

Abdurrahman mengatakan, bahan pangan itu berisi beras sekitar 25 kg, kentang, minyak, kue untuk anak, dan bahan makanan lainnya. “Lima ratus paket sembako ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi 3500 orang atau 500 kepala keluarga,” ungkapnya.

Penyaluran paket sembako tersebut, tim relawan Rumah Yatim didampingi mitra dan dikawal ketat oleh tentara militer Bangladesh. Karena pernah terjadi situasi di lapangan tidak terkendali. Jumlah pengungsi lebih banyak dibandingkan jumlah bantuannya. Sehingga biasanya para pengungsi berebut, dan tidak jarang petugas keamanan bertindak tegas pada pengungsi yang kurang disiplin.

“Tapi Alhamdulillah penyaluran berjalan lancar sesuai harapan, walaupun ada sedikit insiden,” ujar Abdurrahman.

Ia menjelaskan, di Bhalukali Camp terdapat sekitar 12.000 keluarga masih menunggu bantuan pangan, pakaian, Alat kesehatan, dan tempat tinggal. “Masih banyak pengungsi yang mengharapkan bantuan dari masyarakat Indonesia khususnya, dan masyarakat dunia umumnya. “Mudah-mudahan para donatur Indonesia tidak henti memberikan kontribusinya, dan semoga ke depannya Rumah Yatim dapat menyalurkan bantuan bagi para pengungsi Rohingya,” tuturnya.

 

Di tulis oleh : Anjar Martiana Pada tanggal 2018-05-12 22:03:10

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend