Rumah Yatim Salurkan Perlengkapan Pendidikan Untuk 1000 Anak Rohingya

Rumah Yatim Salurkan Perlengkapan Pendidikan Untuk 1000 Anak Rohingya

Rumah Yatim menyalurkan bantuan perlengkapan pendidikan kepada 1000 anak Rohingya di pengungsian wilayah Cox’s Bazar, Bangladesh, Kamis (17/5). Pendistribusian bantuan pendidikan tersebut disalurkan ke dua lokasi berbeda di Pengungsian Jamtoli E dan F.

Menurut pemaparan relawan kemanusiaan Rumah Yatim, Abdurrahman, di dua pengungsian tersebut terdapat sedikitnya 3000 anak yang ditampung di Child Home Care. Pemberian bantuan ini juga diharapkan bisa memberikan semangat belajar kepada anak-anak Rohingya di pengungsian.

Ia menambahkan, anak-anak Rohingya sebelumnya harus menggunakan peralatan seadanya dalam mengampu pendidikan di pengungsian. Bahkan, di ruangan yang hanya berukuran 10×20 meter anak-anak Rohingya tetap memiliki semangat dalam belajar.

“Walaupun hanya dengan tikar di home care yang hanya berukuran 10×10 meter. Kondisi terbatas tidak membuat mereka menyerah untuk belajar,” papar Abdurrahman, kepada jurnalis Rumah Yatim melalui pesan singkat dari Bangladesh.

Keterbatasan akan sarana pendidikan juga mengharuskan anak-anak Rohingya kreatif. Salah satunya, anak-anak tersebut harus menggunakan kantong plastik untuk membawa perlengkapan sekolah. Bahkan, sebagian lainnya harus membuat tas dari kain bekas dan sarung. Kondisi inilah yang menggugah Rumah Yatim datang memberikan bantuan.

Selain itu, kata Abdurrahman, anak-anak Rohingya juga mendapatkan materi pembelajaran sesuai kurikulum yang pernah mereka dapatkan di Rohingya. Selain itu, materi keagamaan dan formal diberikan oleh guru yang mayoritas didatangkan dari Rohingya. Sehingga, diharapkan dengan bantuan perlengkapan sekolah tersebut bisa lebih memacu semangat anak-anak Rohingya di pengungsian.

“Selain itu, mereka juga mendapatkan trauma halling. Sehingga mereka diharapkan bisa mengendalikan emosional dan ketraumaan mereka akibat menyaksikan kekerasan yang terjadi pada diri dan keluarga mereka,” tutupnya.

 

Di tulis oleh : Calam Rahmat Pada tanggal 2018-05-17 17:38:56

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend