Rumah Yatim Salurkan Sembako Bagi Korban Banjir Kelurahan Balekambang

Ratusan kepala keluarga di Kelurahan Balekambang tergenang banjir dari luapan sungai CIliwung beberapa hari belakangan. Aktivitas harian maupun ekonomi sempat tersendat, karena sulitnya akses yang dilalui. Posko penanganan banjir pula telah didirikan aparatur pemerintahan setempat di Pokso Forum Keamanan Terpadu, Kelurahan Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Upaya membantu keterbatasan pangan karena sulitnya akses, Rumah Yatim Jabodetabek menyalurkan bantuan kebutuhan sembako. Bantuan diterima langsung oleh Lurah Balekambang, Mintarsih. Menurut relawan Rumah Yatim Jabodetabek, Ali Ridwan, saat ini kondisi air mulai surut namun masyarakat masih sulit untuk beraktivitas.

“Sudah surut tapi tetap masih banyak yang membutuhkan bantuan, khususnya untuk makan,” papar Ali saat menyerahkan bantuan sembako, Sabtu (27/4).

Ia mengungkapkan, banjir yang ada di Kelurahan Balekambang cukup bervariasi setiap RW berbeda-beda. Dari data yang ada, kata dia, RW 05 menjadi kawasan yang tergenang cukup tinggi. Air banjir yang menggenangi wilayah tersebut 100-200 sentimeter.

Namun, sambung Ali, bantuan sembako yang diberikan tim relawan Rumah Yatim bisa membantu dan meringankan beban para korban banjir di Balekambang. Terutama, bisa membantu pemenuhan kebutuhan pangannya. Selain itu, diperkirakan banjir di wilayah tersebut bisa saja terjadi kembali. Karena volume air sungai Ciliwung masih cukup tinggi.

“Semoga bantuan kebutuhan sembako ini bisa mencukupi untuk masyarakat di sana, walaupun mungkin belum bisa meng-cover semua kepala keluarga yang ada,” tuturnya.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend