Rumah Yatim Sambangi Perumahan di Doyo Baru Guna Survei dan Serahkan Bantuan

Puing-puing bangunan dan sampah yang berserakan menjadi pemandangan awal kedatangan tim relawan Rumah Yatim ke lokasi bencana. Banjir bandang dan longsor menyebabkan kerusakan infrastruktur dan menelan korban jiwa. Sabtu (23/3), relawan Rumah Yatim menyambangi sebuah perumahan di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Papua untuk melakukan survei dan penyerahan bantuan peduli bencana.

Relawan Rumah Yatim Deni menuturkan, kondisi terkini ada sebanyak 400 kepala keluarga mengungsi ke tempat yang relatif aman. Karena sekitar 80 rumah di perumahan tersebut hanyut akibat bencana banjir bandang yang terjadi pada Sabtu (16/3) lalu. Yang awalnya 80 rumah berdiri, kini seperti rata dengan tanah.

Adapun bantuan sementara yang diberikan berupa kebutuhan perlengkapan bayi dan biskuit. Rencananya tim relawan akan kembali lagi ke daerah tersebut untuk menyerahkan bantuan kepada para korban bencana yang tinggal di pengungsian. Menurut pantauannya, masyarakat Doyo Baru mengungsi ke beberapa titik pengungsian. Di antaranya sekolah, kantor Bupati dan tempat umum lainnya.

“Daerah itu kan dekat bukit, selain banjir bandang, bencana longsor juga menimpa daerah Doyobaru. Di situ banyak masyarakat pendatang baru. Insya Allah Senin kita akan kembali lagi ke daerah itu,” terangnya.

Namun yang dikunjungi oleh tim relawan pada kesempatan ini adalah pengungsian di SD IT Cendekia. Ketika tim relawan menyambangi daerah tersebut, anak-anak menyambutnya dengan hangat dan penuh keceriaan. Menurut informasi yang didapat, sebanyak 200 siswa di sekolah tersebut terkena dampaknya. Oleh karena itu, rencananya tim relawan akan membantu dari segi kebutuhan perlengkapan sekolah.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend