Rumah Yatim Sembelih 31 Ekor Kambing dan Bagikan 350 Paket Daging di Lampung

Rumah Yatim Cabang Lampung sukses  menggelar qurban, ada 31 ekor kambing yang diamanahkan donatur kepada lembaga amil zakat ini. Untuk prosesi penyembelihannya, Rumah Yatim Lampung memilih di halaman depan Asrama Rumah Yatim Tanjung Karang. Hal ini dilakukan karena pihak Rumah Yatim ingin memberikan edukasi qurban kepada anak asuh.

Tampak tangan-tangan kecil anak asuh turut membantu proses pemotongan, penimbangan dan pembungkusan daging qurban. Tidak hanya anak asuh, relawan dari komunitas pecinta anak yatim dan piatu (Kopayapi) pun turut berkontribusi dalam kegiatan ini.

Dari 31 ekor hewan qurban yang telah dipotong, ditimbang dan dibungkus, terbagilah 350 paket daging. Dimana per-paketnya terdiri dari satu kg daging. Untuk pendistribusian daging, Rumah Yatim Lampung memilih 245 mustahik yang paling terdekat dulu yakni daerah-daerah sekitar asrama, dan anak-anak asuh nonmukim yang ada wilayah Tanjung Karang. Khusus untuk anak asuh nonmukim, penyaluran dibantu oleh koordinator nonmukim.

“Berkah qurban pun kami salurkan di wilayah Sungai Langka dan Margodadi. Ada sebanyak 172 mustahik dan anak yatim wilayah Sungai Langka menerima bantuan ini. Sedangkan, di wilayah Margodadi ada 32 mustahik,” jelas Weli, Kepala Asrama Rumah Yatim Lampung, Rabu (23/8).

Weli mengatakan, jika dalam penyaluran berkah qurban ini, tim dibagi ke dalam tiga kelompok, yakni kelompok pertama membagikan di wilayah asrama, kelompok kedua yang terdiri dari relawan Kopayapi membagikan di wilayah Sungai Langka dan kelompok ketiga membagikan di wilayah Margodadi.

“Untuk penyaluran di wilayah Sungai Langka, relawan Kopayapi pun menyalurkan bantuan ke Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an Darussa’adah. Alhamdulillah mereka menyambut kedatangan tim dengan hangat, para santri sangat kegirangan ketika mendapat bingkisan qurban,” terang Weli.

Ia menambahkan jika pequrban di wilayah Sungai Langka sangat sedikit, warganya pun mayoritas kurang mampu. Maka Weli menilai masyarakat di sana layak untuk berbahagia di hari qurban.

“Alhamdulillah qurban tahun ini semuanya berjalan lancar, semoga para penerima berkah qurban ini merasa senang. Semoga donatur yang  menitipkan qurbannya pun merasa puas  dengan pelayanan yang diberikan Rumah Yatim,” imbuhnya. Weli berharap, jumlah pequrban di tahun depan dapat meningkat, sehingga jumlah penerima qurban pun bertambah.

 

Jurnalis: Sinta Guslia

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat