Rumah Yatim Siap Salurkan Kembali Bantuan untuk Korban Tsunami Palu

Sejumlah persiapan telah dilakukan oleh tim relawan Rumah Yatim di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (14/12) malam. Persiapan yang dilakukan di antaranya meliputi pengepakan paket sembako, sarana untuk air bersih, serta lainnya.

Menurut pemaparan relawan Rumah Yatim, Dadan Rusmana, persiapan telah dilakukan dengan baik. Sedikitnya 210 paket sembako akan dibagikan kepada para korban gempa dan tsunami hari ini. Selain itu juga 21 alat filter air bersih akan turut disalurkan.

Dadan mengatakan, seluruh bantuan rencananya akan disalurkan di sejumlah lokasi berbeda. Di antaranya di Kampung Nelayan Desa Talise, Desa Tondo, dan daerah Pantai Barat. Ketiga lokasi tersebut menjadi fokus utama untuk penyaluran tahap dua kali ini.

“Khususnya wilayah Pantai Barat akan kita fokuskan, karena di sana sangat jarang mendapatkan bantuan, aksesnya cukup sulit dan belum maksimal,” papar Dadan, melalui sambungan telepon.

Ia menambahkan, selain tim Rumah Yatim yang terlibat dalam kegiatan penyaluran tahap dua ini tedapat pula relawan dari Palu. Mereka merupakan korban gempa dan tsunami, akan tetapi saat ini turut ikut membantu. Hal ini, sambung Dadan, memudahkan tim dalam melalukan persiapan.

“Persiapan sebenarnya sudah dilakukan sejak tanggal 10 kemarin, kami dibantu oleh relawan di Palu, mereka korban tapi sekarang ikut fokus dalam persiapan menyalurkan,” ungkapnya.

Selain bantuan ratusan paket sembako dan puluhan alat filter air bersih, Rumah Yatim juga akan membantu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berupa sarana dan modal usaha. Menurut Dadan, bantuan tersebut sangat penting untuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat khususnya para pedagang kecil. Selain itu, akan ada pembangunan hunian sementara bagi para korban.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat