Rumah Yatim Sukses Gelar Kegiatan Layanan Kesehatan Gratis di Desa Cukanggenteng

Minggu, (15/11) kemarin, Rumah Yatim Area Jawa Barat sukses menggelar acara pemeriksaan kesehatan pengobatan gratis di wilayah Kampung Sindang Mulya, RT.01/RW.11, Desa Cukanggenteng, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Acara ini diikuti oleh 200 warga setempat, yang mendaftarkan dirinya dengan menyetorkan fotocopy Kartu Keluarga.

Soleh, Relawan Rumah Yatim, menyampaikan, sebelumnya, acara serupa juga digelar Rumah Yatim di wilayah Katapang, Kabupaten Bandung. Rencananya, pada bulan November ini, acara ini juga akan digelar kembali di wilayah Kabupaten Cirebon.

“Jadi dibulan November ini rencananya ada tiga kali ya penggelaran acara pengobatan gratis ini, selanjutnya insya allah akan di gelar di Cirebon”, terang Soleh.

Gina, salah satu dokter yang menangani kondisi warga, menyampaikan kesannya jika warga sangat tertib ketika menunggu giliran diperiksa

“Mayoritas nya lansia ya, umur 60 tahun, untuk anak-anak nya dari 3 sampai 5 tahun. Kalau mayoritas keluhannya ada tiga, low back pain, osteoarthritis genu, dan gatal-gatal scabies. Alhamdulillah tidak ada kasus penyakit yang darurat atau kondisinya parah”, terang Gina.

Alasan Rumah Yatim menggelar kegiatan ini dikarenakan fasilitas kesehatan yang bisa diakses warga cukup jauh, yaitu di daerah Soreang.

“Terdekatnya itu disini cuma ke Soreang saja kalau fasilitas kesehatan, selanjutnya paling ke Kopo di Kota Bandung, semoga dengan acara ini dapat membantu warga-warga yang sebelumnya kesulitan mengakses fasilitas kesehatan, dari biaya maupun jarak”, tutup Soleh.

Penulis: Alif Shafwan

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend