Rumah Yatim Sumut Dampingi Della Jalani Pemeriksaan Pra operasi

Rumah Yatim Sumut Dampingi Della Jalani Pemeriksaan Pra operasi

Della (13), siswa kelas 1 SMP itu sudah lumpuh sejak lahir. Akibat kurangnya asam folat dan gizi, yang mengganggu tumbuh kembangnya. Hal itulah yang menyebabkan Della tak bisa berjalan hingga kini. Untuk mobilitasnya serta sekolah pun, Della menggunakan kursi roda.

Keterbatasan biaya membuat Della tak segera diobati. Diketahui, ayahnya meninggal sejak tiga tahun lalu, dan sang ibu hanya bisa membuka warung kecil-kecilan, demi memenuhi kebutuhan Della dan dua adiknya. Hingga kini, kondisi Della cukup parah. Akibat sering ditidurkan dan hanya bisa duduk, kulit di sekitar bokong samping tertekan hingga tipis, yang menyebabkan tulangnya menonjol keluar.

Melihat hal itu, Rumah Yatim Cabang Sumatera Utara mendampingi Della untuk melakukan pemeriksaan lebih jauh terhadap penyakitnya, sebelum tindakan operasi. Menurut dokter yang menangani Della, Suzy Indharty mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan telah terjadi luka infeksi yang sangat dalam. Della didiagnosa penyakit Decubitus+ Post Vp-shunt due to Hidrocephalus communican due to Unruptured lumbosacral Meningocele+tethered cord syndrome.

“Della sudah mengalami luka infeksi yang sangat dalam, sehingga dibutuhkan operasi dengan segera,” paparnya.

Operasi yang rencananya akan dilaksanakan pada hari ini, Kamis (9/7) di Rumah Sakit Khusus Bedah Occuplast Medan belum bisa berjalan karena kondisi Della yang belum memungkinkan. Ia menambahkan, tindakan operasi yang akan dilakukan ialah pembersihan nanah dan penutupan tulang dengan daging yang diambil dari bagian tubuh lainnya. Karena sebetulnya sudah tidak bisa disembuhkan lumpuhnya, jadi hanya menyembuhkan luka infeksinya.

Suzy menambahkan, Della seharusnya dioperasi sejak usia 10 bulan, agar tidak terjadi infeksi seperti sekarang. Walau dengan operasi, luka infeksi itu bisa sembuh, namun jika Della tetap kekurangan gizi, infeksi itu bisa timbul lagi. Ia berharap, operasi yang akan dijalani Della berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala. Semoga, kata dia, setelah operasi keadaan Della semakin lebih baik dan bisa terus menggapai cita-citanya.

 

 

 

Penulis : Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend