Rumah Yatim Sumut Gelar Bazar Gratis Bagi Korban Banjir di Labura

Rumah Yatim Sumut Gelar Bazar Gratis Bagi Korban Banjir di Labura

 

Pasca bencana banjir bandang yang menerjang Kabupaten Labuhan Batu Utara di penghujung 2019 silam, banyak masyarakat yang masih merasakan trauma. Atas kondisi itu, Rumah Yatim Cabang Sumatera Utara menggelar kegiatan bazar gratis di Dusun Siria-ria, Desa Pematang, Kecamatan Na IX-X, Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura), Sumut, (Minggu (1/3) lalu.

“Mereka masih trauma dengan kejadian banjir bandang yang menimpa desa nya, ketika hujan kecil turun saja, mereka langsung ke tempat pengungsian saking traumanya,” papar Agan, salah satu Staf Rumah Yatim Sumut.

Menurutnya, perekonomian mereka belum berjalan sepenuhnya. Hingga saat ini sebagian masyarakat masih mengandalkan bantuan dari pemerintah dan lembaga lainnya. Hal itulah yang membuat Rumah Yatim menggelar bazar gratis, untuk membantu memenuhi kebutuhan sandang bagi warga yang terkena dampak bencana.

“Supaya memenuhi kebutuhan sandang mereka, karena mereka belum bisa beli baju, sedangkan baju mereka tersapu banjir bandang,” ungkapnya.

Kata dia, jarak dari permukiman warga ke pengungsian sekitar 500 meter dengan menaiki bukit. Selain itu, banyak akses jalan yang terputus, sehingga mereka membangun jembatan penyeberangan sementara dari hasil pohon yang roboh.

“Jadi aktivitas mereka masih belum stabil hingga saat ini, apalagi mayoritas mata pencaharian mereka adalah petani karet, sawit, dan asam.” tuntasnya

 

Jurnalis: Anjar Martiana
Redaktur : Dila Nurfadila

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
why?
Send this to a friend